Ekonom Rizal Ramli / Net

telusur.co.id – Utang pemerintah Republik Indonesia yang terus bertambah subur, membuat ekonom senior Rizal Ramli merasa prihatin. Rizal pun memberikan kritik kepada pemerintah. Bahkan, dirinya sampai menyebut Menteri Keuangan adalah ratu utang.

Kritik disampaikan mantan Manteri Koordinator Kemaritiman itu melalui akun media sosial Twitter miliknya, @RamliRizal, Sabtu (18/5/19).

Utang Pemerintah Setahun Naik Rp 347T. Nyaris Rp1 Trillun per hari ! Kok prestasi tertinggi ngutang ? Wong Menkeu “Ratu Utang” dipuja2 kreditor karena berikan bunga tertinggi di ASEAN,” tulis Rizal Ramli.

Pada bagian akhir kicauannya di Twitter, Rizal mencantumkan link dari salah satu portal berita online yang di dalam artikelnya terdapat data utang pemerintah pada April 2018 sebesar Rp 4.180,61 triliun. Setahun kemudian, April 2019, naik Rp 347,84 triliun menjadi Rp 4.528,45 triliun.

BACA JUGA :  Rizal Ramli Anggap Sri Mulyani Tak Pantas Raih Award

Dalam situs yang dicantumkan Rizal Ramli disebutkan jika Kemenkeu kembali merilis perkembangan APBN. Melalui konpers APBN Kita, pemerintah membuka data kondisi keuangan negara termasuk utang pemerintah.

Hingga April 2019 total utang pemerintah mencapai Rp 4.528,45 triliun. Utang itu rasionya setara dengan 29,65% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Utang itu turun jika dibandingkan dengan posisi utang di bulan sebelumnya. Tapi masih lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini