Presiden Ke-3 RI, BJ Habibie / Net

telusur.co.id – Kediaman Presiden ke-3 RI, BJ Habibie yang terletak di Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan, Jakarta, didatangi sejumlah tokoh nasional.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Rabu (1/5/2019), para tokoh yang datang antara lain Mahfud MD, Shinta Nuriyah Wahid, Alissa Wahid, Gus Sholah, Franz Magnis Suseno, Dahlan Iskan dan lain-lain.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, dalam sambutannya mengatakan jika kedatangan para tokoh untuk mendiskusikan situasi terkini.

Pertemuan sempat berlangsung terbuka, namun kemudian dilakukan tertutup guna memastikan diskusi berlangsung kondusif.

BACA JUGA :  Jerman Beri Perhatian Penuh ke Habibie

Habibie mengatakan, Indonesia harus fokus dalam membangun sumber daya manusia. Sebab, masa depan bangsa tidak bisa hanya mengandalkan sumber daya alam.

“Masa depan suatu bangsa, tak bisa hanya terbatas SDA, tapi harus mengandalkan SDM,” kata Habibie.

Soal SDM, Habibie mencontohkan negara-negara di Timur Tengah (TimTeng) yang sangat kaya akan SDA, sampai sekarang masih tertinggal karena harus mengandalkan negara lain. Dalam hal ini, kata Habibie, salah satu tonggak pengembangan SDM yang pernah dilakukannya adalah dengan membuka kran kebebasan berbicara dan berpendapat.

BACA JUGA :  Jokowi Bakal Kirim Dokter Kepresidenan Untuk Habibie

“Kita tak bisa hanya membanggakan perbedaan, tapi juga harus diberikan kebebasan. Kita itu mempersiapkan 53 tahun sampai kita berani buka pintu kebebasan,” kata Habibie. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini