peserta Inhouse Training Ditjen Hubla. Foto :telusur.co.id

telusur.c.id- Sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan keselamatan pelayaran, Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusianya, khususnya yang bertugas di bidang keselamatan pelayaran. Salah satu bentuk komitmen dimaksud adalah dengan menyelenggarakan Inhouse Training Penimbalan Kompas (Compasseren) Kapal selama 5 (lima) hari mulai Senin (6/5/2019) hingga Jumat (10/5/2019).

Adapun penimbalan kompas bertujuan untuk mengurangi gaya induksi magnet bumi pada besi kapal dan tujuan akhir dari penimbalan ini adalah membuat deviasi sekecil mungkin lalu membuat perubahan deviasi pada haluan terjadi secara berangsur -angsur dan merata yang pada akhirnya akan menjamin keselamatan pelayaran.

Training yang dilaksanakan di Nagoya Hill Hotel, Batam ini diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang peserta yang tugas kesehariannya terkait dengan pemeriksaan kelaiklautan kapal, terdiri dari perwakilan dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Khusus Batam, Atase Perhubungan Singapura, BP2TL, serta Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai.

Membuka acara mewakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Kepala Kantor KSOP Khusus Batam, Capt. Barlet Silalahi, menyampaikan bahwa kegiatan Inhouse Training ini diselenggarakan bagi para Pejabat Pemeriksa Kelaiklautan Kapal dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan pemeriksaan, pengujian dan pelaporan untuk menerbitkan sertifikat deviation table.

“Kami harap, kegiatan ini dapat menambah wawasan para peserta terkait dengan penimbalan kompas, dan setelahnya dapat menerapkan pengetahuan yang telah didapatkan pada pelaksanaan tugas keseharian masing-masing dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan serta perlindungan lingkungan maritim,” ujar Barlet.

Sementara itu, dalam laporannya, Kasi Sertifikasi Kapal Penumpang dan Penangkap Ikan, Capt. Ari Wibowo, selaku ketua panitia penyelenggara, menyampaikan bahwa Inhouse Training ini juga merupakan hasil kerjasama antara Ditjen Perhubungan Laut dengan Australian Maritime Safety Authority (AMSA).

“Pada Inhouse Training ini, selain narasumber dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, kita juga menghadirkan narasumber dari AMSA yang akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan penimbalan kompas (Compasseren) kapal,” pungkas Ari. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini