Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Turki Edrogan. Foto: Istimewa

telusur.co.id – Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, negaranya ingin menjajakan kerjasama dengan Turki di semua bidang, baik ekonomi dan perdagangan.

Hal itu disampaikan Rouhani dalam sebuah pertemuan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela Konferensi tentang Tindakan Interaksi dan Membangun Kepercayaan di Asia (CICA) yang sekarang sedang berlangsung di Dushanbe, Tajikistan.

Dilansir dari IRNA, Minggu, Rouhani menilai, Iran dan Turki perlu mempromosikan kerja sama bilateral untuk meningkatkan volume pertukaran perdagangan tahunan ke tingkat yang sudah disepakati.

Dia juga mengatakan bahwa kerja sama regional Iran-Turki telah efektif, sukses dan memiliki arti khusus, menggarisbawahi bahwa kerja sama kedua negara bersama Rusia dalam pembicaraan Astana akan membantu mengakhiri krisis Suriah dan memulihkan perdamaian dan stabilitas di kawasan tersebut.

BACA JUGA :  Sindir Pemimpin Iran, Trump : Tidak Paham Kasih Sayang

Senada, Edrogan mengaku puas dengan meningkatnya hubungan antara Iran dan Turki. Bagi dia, Ankara mementingkan peningkatan hubungan dengan Teheran di bidang bilateral dan regional.

Erdogan mengatakan bahwa negaranya bertekad untuk meningkatkan hubungan dengan Iran di semua bidang.

Kedua presiden menekankan penentangan mereka terhadap segala jenis sanksi dan unilateralisme dalam hubungan internasional.[Tp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini