Presiden Amerika Serikat, Donald Trump/AFP

telusur.co.id – Presiden AS Donald Trump menepis bantahan Iran bahwa mereka tidak terlibat dengan serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman.

Tudingan Trump mengacu kepada video yang didapatkan. Dalam video itu, Trump menuding ada pasukan Iran yang sedang beroperasi.

Trump mengutip cuplikan video yang Washington katakan menunjukkan pasukan Iran di kapal kecil mengambil ranjau yang tidak meledak dari lambung salah satu kapal.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan kebenaran mengenai video perlu dibuktikan. “Harus ditetapkan dengan jelas,” kata Antonio dilansir BBC.com

BACA JUGA :  Militer Suriah Tembak Jatuh Jet Tempur dan Rudal Israel

Sementara pihak Rusia telah memperingatkan agar tidak menarik “kesimpulan terburu-buru”. Ledakan itu terjadi sebulan setelah empat tanker minyak rusak dalam serangan di lepas pantai Uni Emirat Arab.

AS menyalahkan Iran atas serangan itu, tetapi tidak menghasilkan bukti. Iran juga membantah tuduhan itu.

Ketegangan antara AS dan Iran telah meningkat secara signifikan sejak Presiden AS Donald Trump menjabat pada tahun 2017. Dia meninggalkan kesepakatan nuklir yang diperantarai oleh pemerintahan Obama dan secara signifikan memperketat sanksi terhadap Iran. [Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini