Hinsa Siburian dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (17/6/19).Foto:telusur.co.id

telusur.co.id – Sebanyak 28 juta percobaan serangan terhadap server milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilu serentak 2019.

Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian mengklaim serangan itu terjadi hingga 23 Mei 2019. Namun, BSSN mengklaim sudah mengatasi semua percobaan serangan tersebut.

“Serangan ke server KPU berhasil ditangani,” kata Hinsa Siburian dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (17/6/19).

Kendati begitu, Hinsa megakui pihaknya tidak mendalami motif atau konten serangan siber tersebut. Sebagai langkah antisipasi, kata Hinsa, BSSN berkoordinasi dengan KPU, BPPT, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kemenlu, BIN Polri, Kemenkumham serta instansi lainnya.

Dalam rapat tertutup tersebut, Hinsa mengatakan, pihaknya akan tetap melakukan deteksi dan identifikasi ancaman serangan siber pascapengumuman resmi KPU terkait hasil Pemilu 2019.

“BSSN telah melakukan sosialisasi interasi keamanan siber. BSSN telah melakukan kegiatan penetrasion testing aplikasi KPU non Situng, serta assessment kerawanan insfrastruktur TI KPU,” tandasnya. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini