Capres Prabowo Subianto (kiri) dan Capres Petahana Joko Widodo (kanan) / telusur.co.id

telusur.co.id – Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Rachland Nashidik mengusulkan kepada calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo untuk segera membubarkan koalisi partai politik pendukungnya. Sebab, menurut dia, kalau masih mempertahankan koalisi, berpotensi mengawetkan permusuhan di akar rumput.

“Anjuran yang sama, bubarkan Koalisi, juga saya sampaikan pada Pak @jokowi. Mempertahankan koalisi berarti mempertahankan perkubuan di akar rumput,” cuit Rachland dalam akun Twitter-nya, @RachlandNashidik, Minggu (9/6/19).

“Artinya, mengawetkan permusuhan dan memelihara potensi benturan dalam masyarakat. Para pemimpin harus mengutamakan keselamatan bangsa,” sambungnya.

BACA JUGA :  Gerindra Bela Demokrat Tak Main Dua Kaki

Tak hanya seruan kepada Jokowi, Rachland juga meminta calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto membubarkan koalisi parpol pendukung. Alasannya, Pemilu serentak 2019 sudah selesai. Dan, gugatan sengketa ke Mahkamah Konstitusi (MK) ialah persoalan pasangan capres-cawapres, bukan parpol.

“Pak @prabowo, Pemilu sudah usai. Gugatan ke MK adalah gugatan pasangan Capres. Tak melibatkan peran Partai. Saya usul, Anda segera bubarkan Koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir. Andalah pemimpin koalisi, yang mengajak bergabung. Datang tampak muka, pulang tampak punggung,” tulisnya.

Ditegaskan Rachland, siapapun nanti, usai putusan MK, yang menjadi presiden dan wakil presiden, dipersilahkan memilih sendiri para pembantu di cabinet-nya.

BACA JUGA :  Prabowo Terpesona Para Santri dari Ponpes Sabilil Muttaqien Mampu Kembangkan Keahlian

Namun, dalam situasi seperti saat ini, Jokowi dan Prabowo diharapkan Rachland bertindak dengan benar. Menurut dia, perhatian utama kedua paslon tersebut hendaknya ditujukan untuk menurunkan tensi politik darah tinggi di tengah masyarakat.

“Membubarkan koalisi lebih cepat adalah resep yang patut dicoba. Gugatan di MK tak perlu peran partai,” tandasya.[Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini