Presiden Amerika Serikat, Donald Trump/AFP

telusur.co.id – Pemerintah Vietnam mengaku berkomitmen pada perdagangan bebas dan adil dengan Amerika Serikat.

Penegasan itu diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri Le Thi Thu Hang pada Jumat. Ia mengatakan bahwa Vietnam menginginkan hubungan perdagangan yang saling menguntungkan dengan Amerika Serikat.

“Vietnam berupaya melanjutkan hubungan ekonomi, perdagangan dan investasi dengan Amerika Serikat, yang menggalakkan kebebasan serta keadilan berdasarkan keuntungan bersama,” kata Hang dalam satu pernyataan.

Hang mengeluarkan pernyataan itu menyusul ancaman dan gertakan pemberlakuan sanksi tarif oleh Presiden Donald Trump terhadap produk dari negara Asia Tenggara tersebut di tengah terjadinya perang dagang dengan China.

BACA JUGA :  Pertemuan Trump dan Jong Un di Vietnam Akan Diliput 3000 Jurnalis

Trump pada Rabu mengatakan pemerintahnya sedang membahas perdagangan dengan Vietnam, namun mengeluhkan bahwa Hanoi memperlakukan Amerika Serikat “lebih buruk” dari China dalam hal perdagangan.

Hang melanjutkan, saat ini Vietnam sedang melakukan sejumlah upaya guna memperbaiki neraca perdagangan bilateral sekaligus mempromosikan impor produk AS yang dibutuhkan Vietnam.

Pernyataan tersebut juga membuktikan upaya baru-baru ini oleh Vietnam untuk menindak produk asing, yang secara ilegal diberi label ulang “Made in Vietnam” oleh eksportir yang berusaha menghindari tarif. [Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini