Valentino Rossi (46) dan Marc Marquez (93) / Net

telusur.co.id – Marc Marquez adalah pembalap yang ‘cepat dan cerdik’. Sehingga rider tim Repsol Honda itu selalu mendapatkan hasil yang baik di setiap sesi kualifikasi.

Demikian disampaikan pemebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi sebagaimana dikutip dari crash.net, Minggu (16/6/19).

Rossi mengatakan Marquez ‘cepat dan cerdik’ lantaran pada saat kualifikasi MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Catalunya Sabtu kemarin, pembalap berpaspor Spanyol itu mengikuti Rossi guna mendapatkan catatan waktu yang bagus.

Meski sempat melakukan kesalahan di pengujung sesi, Marquez tetap start di posisi kedua.

Ini bukan pertama kalinya Marquez membuntuti dan mempelajari Yamaha M1 yang memiliki keunggulan kecepatan saat menikung. Selain membuntuti Rossi, Marquez juga mempelajari cara Maverick Vinales, dari situlah dia mampu tampil lebih baik.

BACA JUGA :  GP Argentina, Rossi Start Dari Posisi 11

“Aku tidak tahu, mungkin dia mengikuti yang lain karena dia tidak memiliki pengalaman yang cukup! Dia perlu memahami garis,” kata Rossi.

“Tidak, tidak, terlepas dari lelucon itu, Marquez tidak hanya cepat tetapi selalu sangat pintar selama latihan karena ia selalu mempelajari para pesaingnya,” lanjut Rossi.

Menurut Rossi, semua dalam perhitungan Marquez. Rider dengan tunggangan nomor 93 itu, lanjut Rossi, tahu persis siapa yang harus diikuti. Kelebihan Marquez, kata Rossi, adalah kemampuannya mempelajari lawan-lawannya, terutama ketika pembalap lain cepat.

“Pada akhirnya dia tidak memberi kamu pilihan; kamu membuat panduan di depannya atau kamu (mundur) dan jangan membuat panduan,” kata dia.

BACA JUGA :  Rossi Terpuruk, Dovizioso Masih Perkasa

Seakan mengamini ucapan Rossi, Marquez mengaku ia hanya sangat dekat dengan Rossi karena di lintasan saat itu, hanya Yamaha dan Suzuki yang terlihat kuat.

“Jujur, saya hanya mengikutinya (Rossi) di FP2 sangat dekat ketika dia dengan ban baru dan saya dengan ban bekas dan saya melihat beberapa hal,” kata Marquez.

“Pada dasarnya selalu sama. Yamaha membawa kecepatan sudut dengan cara yang sangat baik. Mereka memiliki daya tarik yang baik,” kata Marquez. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini