Ilustrasi Seismogram Gempa / Net

telusur.co.id – Gempa tektonik berkekuatan 7,4 SR yang berpusat di wilayah Laut Banda, Maluku Tenggara, pada kedalaman 220 kilometer di Laut Banda, ternyata juga dirasakan hingga Bali dan Darwin, Australia.

Gempa yang terjadi, Senin (24/6/19), sekitar pukul 09.53 WIB atau pukul 11:53 WIT itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault).

Meski demikian, gempa tersebut tidak memicu tsunami. Sebab, berdasarkan situs resmi Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, gempa terlalu dalam untuk dapat memicu adanya tsunami.

Sementara itu, dikutip dari Nine News Darwin, guncangan terasa di dalam studio Nine News Darwin dalam beberapa menit. Warga dari bangunan-bangunan seluruh kota kemudian dievakuasi karena gempa itu.

BACA JUGA :  Sumba Barat Daya Diguncang Gempa

Sedangkan dalam pemberitaan The Guardian, penduduk Darwin menyaksikan gedung-gedung berayun menyusul evakuasi terhadap penduduk di pusat kota. Penduduk Darwin melaporkan meja-meja bergetar. Hingga saat ini tak ada laporan kerusakan atau korban luka-luka akibat gempa tersebut.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,1 Skala Richter juga melanda sekitar 240 kilometer (150 mil) barat kota Abepura, Provinsi Papua, pada kedalaman yang relatif dangkal 21 kilometer, menurut USGS. [ipk]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini