Anggota Fraksi Partai Demokrat MPR RI, Herman Khaeron.Foto:telusur.co.id

telusur.co.id – Anggota Fraksi Partai Demokrat MPR RI, Herman Khaeron mengatakan, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) saat ink tidak bisa dibandingkan dengan fungsi MPR RI di mana diatur oleh undang-undang 1945 yang asli sebelum amandemen.

“Tetapi saya kira tetap MPR adalah sebagai lembaga tertinggi. Kenapa tertinggi? Karena MPR memilih dan memberhentikan presiden dan wakil presiden,” kata Herman dalam Diskusi Empat Pilar MPR bertajuk ‘Optimalisasi Tugas dan Wewenang MPR’ di KompleknParlemen Senayan, Jakarta, Jumat (21/6/19).

Kedua, lanjut dia, MPR menetapkan garis-garis besar haluan negara (GBHN). Menurutnya, ketetapan (TAP) MPR adalah ketetapan tertinggi yang tentu itu fungsi dan tugasnya tidak bisa dibandingkan dengan kondisi MPR saat ini.

BACA JUGA :  Herman Khaeron : Penguatan MPR Bisa dilakukan Melalui Amandemen UUD atau UU MD3

“Pasca reformasi tentu amandemen keempat UUD 1945 sudah merubah tugas dan pokok fungsinya serta kedudukan MPR menjadi lembaga negara,” terangnya.

Dia menuturkan, saat ini fungsi TAP MPR bisa dijadikan sebagai ketetapan majelis. Selain itu, pemberhentian presiden dan wakil presiden juga masih tetap berada di tangan MPR.

“Bagaimana cara memperkuat posisinya, tentu para pimpinan MPR, karena anggota DPR RI juga adalah sebagai anggota MPR, sekarang sudah mulai digagas dalam 2 periodisasi di DPR ini, ada yang namanya sosialisasi empat pilar kebangsaan, artinya MPR sekarang berfungsi sebagai pilar untuk menjaga bahwa Indonesia berdasarkan Pancasila,” bebernya.

BACA JUGA :  Bangga-banggakan Jokowi Soal Bangun Tol, Grace Natalie 'Diskak Mat' Herman Khaeron

Menurutnya, jika dikatakan bahwa MPR tidak ada fungsinya, hal itu sama sekali tidak benar. Karena jelas MPR dengan TAP-nya MPR membatasi, tidak mengijinkan, dan melarang partai serta paham yang tidak sejalan dengan Pancasila.

“Juga melakukan kegiatan-kegiatan terkait dengan kembali memantapkan terhadap ideologi Pancasila di bumi Pertiwi ini,” tandasnya. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini