Warga Kampung Tembong Gunung saat meratakan urugan pasir dan batu di Jalan Tegal Badak Raya yang rusak dan berlubang, Kamis (20/6). Foto:telusur.co.id

telusur.co.id – Warga Kampung Tembong Gunung, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat urunan dana untuk menambal kerusakan Jalan Tegal Badak Raya.

Samin (43), salah seorang warga setempat mengatakan, uang yang dikumpulkan warga digunakan untuk menambal jalan yang rusak dengan campuran pasir dan batu sepanjang kurang lebih 1 kilometer.

“Inisiatif warga aja karena ngeliat jalan rusak dan berlubang, ya udah kita urunan. Nggak ada paksaan untuk besar urunanannya juga, ada yang ngasih Rp10 ribu, Rp50 ribu ya kita terima buat beli sirtu,” kata Samin disela-sela kegiatan menambal kerusakan Jalan Tegal Badak Raya, tepatnya di depan SMA Negeri 2 Cikarang Pusat, Kamis (20/6).

Aksi tambal jalan ini diakui Samin bukan untuk menyindir pemerintah daerah yang terkesan lamban memperbaiki kerusakan Jalan Tegal Badak Raya yang hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer dari kantor Bupati Bekasi.

BACA JUGA :  Jalan Penghubung Terputus, Perekonomian Warga Tersendat

“Nggak ada niat untuk nyindir, kita cuma khawatir kalau jalan terus dibiarkan rusak seperti ini banyak yang jatuh dan menimbulkan kecelakaan lalulintas,” tuturnya.

Apalagi, kata dia, perbaikan kerusakan jalan dengan menggunakan anggaran dari pemerintah juga diketahui tak semudah membalikan telapak tangan.

“Malah kalau kita sih pengennya perusahaan-perusahaan yang ada di sini (Cikarang Pusat-red) didorong untuk memperbaiki. Tetapi kan kita nggak punya surat sakti, harusnya Pak Bupati, Pak Camat atau Pak Lurah yang punya inisiatif,” kata dia.

Sementara itu, Camat Cikarang Pusat, Endin Syamsudin mengatakan, perbaikan jalan dari Desa Sukamahi hingga Desa Cicau sudah beberapa kali dimasukan melalui rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan akan diperbaiki pada 2020.

BACA JUGA :  Dianggarkan Rp10 M, Perbaikan Jalan Perjuangan Bakal Direalisasi 2019

”Pembangunan yang menggunakan keuangan daerah tentu ada tahapan dan proses. Untuk jalan ini secara keseluruhan dari hasil Musrenbang tingkat Kabupaten Bekasi yang saya ikuti belum lama ini, akan diperbaiki pada 2020,” terangnya.

Karena itu, Endin meminta kepada elemen masyarakat khususnya yang berada di wilayah Cikarang Pusat untuk lebih bersabar. Selain perbaikan jalan dari Desa Sukamahi hingga Desa Cicau, kurasakan jalan dari dari Tegal Danas hingga Pertigaan Deltamas juga sudah menjadi perhatian pemerintah dan akan diperbaiki pada 2020.

”Saya berharap apa yang direncanakan melalui Musrenbang dapat terealisasi dengan baik, karena melalui Musrenbang sangat murni sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan warga pula yang merencanakan dan mengajukan melalui musyawarah,” katanya. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini