telusur.co.id – Kanada telah menambahkan sebuah kelompok neo-Nazi ke dalam daftar organisasi terorisnya. Kelompok itu yakni Blood and Honor and Combat 18 diberi label entitas teroris Jumat lalu.

Kelompok ini disejajarkan dengan 60 kelompok teroris lainnya seperti al-Qaeda, Boko Haram, dan Negara Islam. Di bawah penunjukan tersebut, pemerintah dapat menyita aset mereka dan organisasi yang membantu dalam kegiatan teroris akan dikenakan hukuman pidana.

Dipansir CNN, Pemerintah Kanada menggambarkan Darah dan Kehormatan sebagai “jaringan neo-Nazi internasional yang ideologinya berasal dari doktrin Sosialis Nasional Nazi Jerman” dan menyebut Combat 18 sebagai “cabang bersenjata Blood and Honour”.

BACA JUGA :  Perempuan Arab Akhirnya Dapat Suaka di Kanada

Blood and Honor didirikan di Inggris pada tahun 1987 oleh Ian Stuart Donaldson, penyanyi utama band rock kebencian. Kelompok ini mengambil namanya dari slogan gerakan Pemuda Hitler, dan bab-babnya serta kelompok-kelompok terkait telah melakukan pembunuhan dan pemboman di seluruh dunia.

Pada tahun 1998, empat anggota Darah dan Kehormatan dari Tampa, Florida menewaskan dua pria tunawisma di negara bagian itu, menurut Pusat Hukum Kemiskinan Selatan. Pada bulan Februari 2012, anggota Blood and Honor and Combat 18 menembak mati sebuah bangunan di Republik Ceko yang menampung sebagian besar keluarga Romawi.

BACA JUGA :  Tak Terima Perdana Menterinya Dihina, Rakyat Kanada Serukan Boikot Amerika

Penunjukan teror Kanada datang ketika negara tersebut tampaknya meningkatkan perjuangannya melawan terorisme dan ekstremisme.

Layanan Intelijen Keamanan Kanada (CSIS) mengutip terorisme sayap kanan sebagai ancaman terhadap keamanan nasional negara. “Kita harus meningkatkan sumber daya untuk menekannya,” kata intelijen. [Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini