telusur.co.id – Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengatakan adanya 12 rekomendasi impor produk holtikultura (RIPH) yang sedang diproses oleh Kementerian Pertanian (Kementan), lima diantaranya adalah impor bawang putih yang akan segera diberikan Surat Perizinan Impor (SPI) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) diduga akan merugikan petani.

Karenanya, Bamsoet mendorong Kementan dan Kemendag untuk mengkaji kembali rekomendasi impor tersebut dan melakukan survei lapangan terkait kebutuhan akan produk holtikultura yang akan diimpor tersebut.

Serta menggunakan data pembanding antara Kementan dan Badan Pusat Statistik (BPS), agar dalam pelaksanaan impor tidak merugikan produksi holtikultura dan petani dalam negeri.

“Mendorong Kementan untuk terus meningkatkan pengawasan dengan memastikan importir menaati Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 16 tahun 2017 tentang Rekomendasi Impor Produk Hortikultura,” ujar dia.

Berikutnya, mendorong Kementan bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk lebih mengoptimalkan pembudidayaan holtikultura dalam negeri serta melakukan inovasi yang dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk holtikultura, sehingga ke depannya Indonesia tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan produk holtikultura dalam negeri tetapi mampu menjadi negara pengeskspor. [Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini