Mudik Bareng BUMN 2019.Foto:Bambang Tri P / telusur.co.id

telusur.co.id – Harapan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengenai ritual mudik lebaran akan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, merupakan berkah di hari raya. Karenanya, pergeseran konsumsi masyarakat menjelang mudik itu perlu difasilitasi dengan baik oleh pemerintah.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR Ahmad Najib Qodratullah kepada wartawan, Jumat (7/6/19).

“Optimis harus selalu dipelihara, saya setuju dengan hal tersebut. Pergeseran belanja konsumsi masyarakat jelang mudik lebaran ini perlu di fasilitasi lebih baik lagi tidak lagi dianggap hanya berkah hari raya,” kata Najib.

BACA JUGA :  Anggaran Pemilu 2019 Naik Menjadi 24,8 Triliun Rupiah

Sri Mulyani, sebelumnya berharap ritual mudik lebaran bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi baik di daerah maupun secara nasional.

Menurut Sri, aktivitas mudik tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu, sehingga dampaknya terhadap ekonomi diperkirakan lebih besar.

Terkait itu, Najib menyarankan pemerintah pusat dapat mulai membantu secara maksimal pemerintah daerah, membenahi serta memfasilitasi pasar tradisional dan pusat wisata.

“Kalau kemudian tidak difasilitasi dengan baik, harapan itu akan berat terlaksana,” imbuhnya.

“Jadi, pemerintah pusat perlu membantu pemda agar masyarakat yang mudik bisa belanjakan dana nya kedepan dengan leluasa,” papar Najib.

BACA JUGA :  Kebijakan Pemerintah Bikin Petani Garam Gulung Tikar

Najib yakin dengan maksimalnya peran pemerintah untuk memfasilitasi potensi – potensi ekonomi di daerah akan benar – benar mendatangkan penerimaan yang optimal untuk negara.

“Mendatangkan penerimaan negara yang maksimal dan lebih penting tidak terjadi disparitas antara kota dan desa,” tukasnya.[Far]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini