Bendera Turki

telusur.co.id – Proses perhitungan pemilihan ulang di wilayah Istanbul belum rampung 100 persen, tetapi partai oposisi utama Turki tampaknya akan memenangkan pemilihan ulang pemilihan walikota Istanbul.

Kekalahan calon walikota dari partai petahana ini membuat Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan terpukul. Binali Yıldırım, kandidat Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa. Sedangkan calon dari oposisi Ekrem İmamoglu.

“Dengan lebih dari 99% suara dihitung, kandidat Partai Rakyat Republik (CHP) Ekrem Imamoglu memimpin dengan sekitar 54% suara,” kantor berita negara Anadolu melaporkan pada hari Minggu.

BACA JUGA :  Lawan Amerika, 57 Negara Akui Yerusalem Ibukota Palestina

Imamoglu mengatakan seluruh Turki memenangkan pemilihan, bukan kelompok atau partai.

“Anda membela tradisi demokrasi lebih dari seratus tahun. Terima kasih Istanbul,” tambahnya.

Hasil resmi diharapkan Senin pagi, menurut dewan pemilihan Turki.

Kerumunan pendukung Imamoglu turun ke jalan-jalan Istanbul setelah hasil tidak resmi diumumkan. Dalam pesta-pesta jalanan di seluruh kota, mereka merayakan apa yang mereka lihat sebagai pembenaran setelah kemenangan awal Imamoglu pada bulan Maret dibatalkan dan pemungutan suara diperintahkan.

Binali Yıldırım, kandidat Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, memiliki sekitar 45%.

BACA JUGA :  Kecam Penyerbuan Al-Aqsha, Erdogan : Saudara Kami Mau Shalat Jumat..!

Yıldırım muncul untuk memberikan suara tidak lama setelah hasil tidak resmi diumumkan, mengatakan: “Saingan saya tampaknya memimpin pemilihan. Saya mengucapkan selamat kepadanya. Pemilihan ini menunjukkan demokrasi berfungsi di Turki. Saya berharap Ekrem İmamoglu akan memberikan pelayanan yang baik kepada orang-orang. Untuk pelayanannya yang baik, kami akan membantunya,” ujarnya. [Ham]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini