Sebulan Ramadhan kita menjalani ujian dan berbagai halang rintang. Sebab, mengaku orang beriman bukan tanpa cobaan yang harus di hadapi. Berbagai godaan nafsu dan setan, tak pernah berhenti menyerang. Sebab, nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan. (QS. Yusuf [12] : 53).

Begitu juga dengan setan. Tidak pernah berhenti untuk menghalangi manusia dari jalan Tuhan yang lurus. Dari depan, belakang. Dari samping kiri dan samping kanan. Bagai senapan mesin terus memuntahkan serangannya. Agar manusia tidak pandai bersyukur. (QS. Al A’raf [7] : 16-17).

Maka, dengan puasa yang kita jalankan. Akan membentuk ketahanan fisik dan jiwa manusia. Sehingga bila kita mampu bertahan, dan akan keluar sebagai pemenang. Sehat jasmani, rohani dan menjadi manusia bertakwa sesuai tujuan ibadah puasa. (QS. Al Baqarah [2] : 183).

Memang kita terlahir dan setiap waktu berada pada pilihan-pilihan. Apakah ingin mengikuti nasehat musuh yang jelas dan abadi bagi anak manusia, yakni setan. (QS. Yusuf [12] : 5). Atau menjadi orang beriman kepada Allah. Berpegang teguh kepada Agama-Nya, di berikan Rahmat dan karunia-Nya. Serta di tunjukan jalan yang lurus. (QS. An Nisa [4] : 175).

Apabila kita sampai pada tingkat manusia yang senantiasa meminta petunjuk jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang diberi nikmat. Bukan jalan orang yang di murkai dan org yang sesat. (QS. Al Fatihah [1] : 6-7). Maka insya Allah, kita menjadi orang yang beruntung yang senantiasa mensucikan jiwanya. (QS. Asy Syams [91] : 9). Oleh sebab itu, pegang teguh apa yang telah Allah berikan. Ingatlah apa-apa yang ada di dalamnya agar kita bertakwa. (QS. Al Baqarah [2] : 63).

Jadi, selama sebulan Ramadhan kita telah menjalani ibadah puasa. Berarti kita telah keluar sebagai pemenang. Mampu mengalahkan diri sendiri (hawa nafsu) dan mengalahkan musuh utama yakni setan. Semoga kita juga mampu keluar sebagai pemenang di berbagai arena jihad melawan diri sendiri dan setan.

BACA JUGA :  PUASA, LAPAR DAN HAUS

Salam dari Mutiara Baru.
Selasa, 4 Juni 2019.

abu hanifah

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini