Hutan dirusak. (Istimewa)

telusur.co.id – Aktivis kehutanan, Nirmala Ratimanjari Sari mendorong pemerintah secara tegas menindak pelaku perusak hutan yang menimbulkan banyak permasalahan.

Menurutnya, tindakan tegas tersebut dilakukan agar dapat memberikan efek jera terhadap pelaku perusakan hutan, baik itu dirusak secara dibakar maupun penebangan hutan dilakukan secara illegal.

“Kita mendorong pemerintah terkait untuk dapat menindak tegas para pelaku. Hal ini tidak bisa dibiarkan lagi. Hutan kita semakin terancam,” kata Nirmala, Senin (3/6/19).

Dia berpendapat, hutan memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup makhluk yang mendiami bumi ini. Selain itu, hutan merupakan rumah bagi fauna dan flora yang terdapat di dalamnya.

BACA JUGA :  Belum Tuntas Tangani Gempa dan Tsunami, Kini Hutan di Gunung Ciremai di Lalap Api

“Kalau hutan dirusak, makhluk hidup yang ada di dalamnya akan tinggal dimana lagi? Semakin hilangnya rumah-rumah mereka, pastinya hewan-hewan yang ada di dalam hutan-hutan tersebut akan menjadi ancaman bagi manusia” tegas Nirmala.

“Untuk itu, mulai saat ini kita harus bergerak untuk menghentikan aktivitas-aktivitas yang dapat menimbulkan kerusakan bagi alam tersebut. Saya juga menghimbau kepada masyarakat supaya sadar akan pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup makhluk hidup,” imbuhnya.

Disamping mendesak pemerintah dalam menindak para pelaku perusak hutan, ia juga meminta kepada masyarakat untuk membiasakan diri menanam satu batang pohon.

BACA JUGA :  Kata Prabowo, Hutan Bisa Membawa Kemakmuran Bagi Masyarakat

Ia juga mengatakan, menanam pohon-pohon tersebut tidak selalu di hutan. Dirinya mengatakan hal itu dapat dilakukan oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal.

“Akan lebih baik kita langsung menanam pohon tersebut di hutan. Namun, kita juga bisa menanam pohon-pohon tersebut di sekitar tempat tinggal kita,” terangnya.

“Program reboisasi memang harus gencar-gencarnya kita lakukan sebelum hutan-hutan kita semakin dirusak,” pungkas Nirmala. (Ham)

Like :

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini