Keterangan Gambar: RSUD Cabangbungin

telusur.co.id – Masyarakat di wilayah utara Kabupaten Bekasi bisa bernafas lega. Pasalnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin yang berada di Kampung Teluk Ambulu, Desa Jayalaksana, terhitung Senin (17/6) mulai menerima pasien rawat inap.

Kepada Koran Bekasi, di Cabangbungin, Senin (17/6), Direktur RSUD Cabangbungin, Markenley mengatakan, saat ini sudah tersedia sedikitnya 30 tempat tidur yang disiapkan untuk pasien rawat inap.

“Alhamdulilah mulai Senin tanggal 17 Juni kita sudah buka layanan rawat inap,” katanya.

Diakui Markenley, jumlah tersebut memang belum ideal. Untuk rumah sakit tipe D seperti RSUD Cabangbungin minimal harus memiliki 50 tempat tidur.

“Tetapi memang dibutuhkan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sarana prasana dan sumber daya manusianya karenanya RSUD Cabangbungin ini juga kan masih baru,” kilahnya.

Karena keterbatasan SDM dan alat kesehatan yang dimiliki, RSUD Cabangbungin telah menyiagakan petugas dan mobil ambulan yang siap merujuk ke RS lainnya jika ada pasien yang tidak bisa ditangani.

“Petugas dan mobil ambulan kita standby selama 24 jam,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Nyumarno mengatakan, masih miniminya sarana dan prasarana di RSUD Cabangbungin perlu menjadi perhatian khusus pemerintah daerah.

“Selain rawat inap, pemerintah daerah juga harus memprioritaskan penganggaran pengadanaan sarana NICU, PICU dan ruang isolasi di RSUD Cabangbungin,” katanya.

Selain itu, kata politisi PDIP itu, pemerintah daerah juga harus segera melakukan pembebasan lahan untuk infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya seperti pembangunan mess karyawan, pengadaan lemari es atau pendingin kamar jenazah dan pengadaan bak pengolahan limbah medis yang sampai saat ini masih belum tersedia. [asp]

Like :

LEAVE A REPLY

Silahkan masukan komentar anda
Silahkan masukan nama anda disini