Amerika Khawatir Kelangkaan Gas Bikin Uni Eropa Menyerah kepada Rusia - Telusur

Amerika Khawatir Kelangkaan Gas Bikin Uni Eropa Menyerah kepada Rusia

Ilustrasi gas Eropa. (Ist).

telusur.co.id - Media Amerika Serikat, CNN, mengutip pejabat Gedung Putih mengabarkan, Washington khawatir masalah kelangkaan gas akan membuat negara-negara Uni Eropa menyerah kepada Rusia.

"Pemerintah Presiden Joe Biden mengkhawatirkan kelangkaan gas akibat berkurangnya pasokan minyak dan gas dari Rusia ke negara-negara Barat, bisa melemahkan Uni Eropa di hadapan Moskow," tulis CNN, Selasa (26/7/22).
 
Koordinator urusan Energi Internasional AS,  Amos Hochstein berkunjung ke Prancis dan Belgia untuk membicarakan program pencegahan AS-Eropa di tengah situasi kelangkaan gas pada musim dingin.
 
"Dampak kelangkaan gas terhadap Eropa dapat menjadi bumerang bagi AS, dan berujung dengan meningkatnya harga gas alam dan listrik secara tajam. Selain itu, masalah ini merupakan ujian besar bagi fleksibilitas dan persatuan Eropa di hadapan Rusia," ulas CNN mengutip  statemen salah satu pejabat Washington.
 
Minggu ini, pemerintah AS juga bermaksud mengadakan pembicaraan dengan negara-negara Eropa untuk menemukan cara meningkatkan produksi energi nuklir.
 
Hal ini dilakukan terutama karena AS berharap pemerintah Jerman semakin terdorong untuk menangguhkan program penghapusan bertahap energi nuklir, dan memperluas aktivitas tiga reaktor nuklirnya. [Tp]


Tinggalkan Komentar