Bekali Skill Content Marketing, Ini yang Dilakukan Dosen Unesa pada 30 UMKM Mamin Ketintang - Telusur

Bekali Skill Content Marketing, Ini yang Dilakukan Dosen Unesa pada 30 UMKM Mamin Ketintang

Ketua Tim PKM Dosen Prodi S1 Bisnis Digital FEB Unesa, Fresha Kharisma, S.E., M.SM. membuka acara dan menjelaskan gambaran umum e-commerce dan content marketing

telusur.co.id - Prodi S1 Bisnis Digital FEB UNESA telah tuntas melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mulai dari bulan Agustsus sampai September mulai dari proses inisiasi ke kelurahan, mengidentifikasi masalah sampai pelaksanaan kegiatan PKM.

Sebanyak 30 peserta dari berbagai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) makanan dan minuman mengikuti pelatihan bertajuk “E-Commerce dan Content Marketing” yang dilaksanakan di Kelurahan Ketintang, Kota Surabaya. 

Acara ini berlangsung pada hari Rabu, (07/8/2024) dimulai pukul 07.00 WIB, dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka secara efektif.

Prodi S1 Bisnis Digital FEB Universitas Negeri Surabaya hadir dengan Ketua Tim PKM, Fresha Kharisma, S.E., M.SM., beranggotakan; Ika Diyah Candra Arifah, S.E., M.Com., CMA., Dr. Nanang Hoesen Hidroes Abrori, S.T., M.T.I., dan Hafid Kholidi Hadi, S.E., M.SM. memberikan pengetahuan tentang e-commerce dan content marketing pada UMKM makanan dan minuman (Mamin) Kelurahan Ketintang, Surabaya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber berpengalaman, yaitu Dr. Muhammad Fachmi, S.E., M.M., yang membagikan pengetahuan mengenai pentingnya e-commerce untuk meningkatkan penjualan dan membuat content marketing produk yang dapat menarik perhatian konsumen.

Moderator acara, Dr. Ratih Amelia, S.E., M.M, membuka diskusi dengan menjelaskan dampak content marketing yang menarik terhadap penjualan produk. 

“Content Marketing bukan hanya menciptakan content produk, tetapi juga berfungsi sebagai media komunikasi yang menyampaikan nilai dan identitas brand,” tegas Fahmi, sapaan akrabnya pada keterangannya. Sabtu, (02/11/2024).

Peserta tampak antusias mengikuti sesi pelatihan, dengan berbagai pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Selain teori, pelatihan ini juga melibatkan praktik langsung, di mana peserta diajarkan cara membuat akun e-commerce dan membuat konten yang menarik. 

Peserta yaitu para pemilik UMKM terlihat sangat antusias dilihat dari banyaknya pertanyaan dan permintaan untuk diadakannya pelatihan tentang penggunaan platform.

Kegiatan ini ditutup langsung oleh Lurah Ketintang, Febriana Puji Ariyanti, S.Pi., M.AP. yang menyampaikan apresiasi atas inisiatif dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Unesa untuk membangun sinergi bersama masyarakat dalam mendukung peningkatan kapasitas ekonomi warga. Lurah Ketintang menegaskan, pentingnya keterlibatan akademisi dalam membantu masyarakat memahami perkembangan ekonomi digital yang pesat.

Kegiatan PKM diharapkan dapat memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi pelaku UMKM di Kelurahan Ketintang, sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing produk mereka di pasar. Diharapkan, dengan penerapan ilmu yang didapat, UMKM lokal dapat berkembang dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian daerah.

Dengan berakhirnya acara ini, kata Fresha, para peserta diharapkan tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga inspirasi untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif. 

“Peningkatan penjualan melalui e-commerce dan content marketing yang menarik merupakan langkah penting menuju keberhasilan usaha. Diharapkan, inisiatif seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Kota Surabaya, menjadikan mereka lebih kompetitif dan berkelanjutan di pasar yang semakin dinamis,” tutup Fresha. (ari)


Tinggalkan Komentar