telusur.co.id -Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta berkolaborasi dengan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), menghadirkan rangkaian event spesial sepanjang Ramadhan.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata menyampaikan, rangkaian event spesial yang berlangsung sepanjang bulan Ramadhan ini yaitu, Midnight Sale di 16 pusat perbelanjaan, pertunjukan musik 'Irama Ramadan' di ruang publik, hingga perjalanan wisata religi ke berbagai destinasi bersejarah di Jakarta.
"Semua ini untuk menciptakan Ramadan yang penuh makna dan menarik di Jakarta," ujar Andhika di Jakarta, Selasa (25/3/2025).
Lebih lanjut, Andhika menyebut, event Midnight Sale resmi dibuka Sabtu (22/3/2025) Floating Stage Plaza Blok M, Lantai 6. Sementara, kegiatannya sudah berlangsung sejak 14 Maret.
"Acara pembukaan diisi dengan Tarian Betawi Modern, pertunjukan Angklung dan penampilan spesial dari musisi ternama, Sandhy Sondoro," ucap Andhika.
Lebih lanjut, Andhika menyatakan, program Midnight Sale ini jadi momen istimewa bagi masyarakat yang ingin menikmati pengalaman berbelanja malam hari dengan berbagai penawaran menarik dari tenant-tenant terbaik.
Ada pun 16 pusat perbelanjaan yang menyelenggarakan Midnight Sale Ramadan 2025 ini antara lain:
1. Senayan City, 14 - 15 Maret 2025
2. Mal Artha Gading, 15 & 22 Maret 2025
3. Mall Of Indonesia, 21 - 22 Maret 2025
4. Lippo Mall Puri, 22 Maret 2025
Seasons City, 22 Maret 2025
5. Millennium Mall, 22 Maret 2025
6. Gandaria City, 22 Maret 2025
7. Plaza Blok M, 22 Maret 2025
8. AEON Mall Jakarta Garden City, 22 Maret 2025
9. AEON Mall Tanjung Barat, 22 Maret 2025
10. Central Park Neo Soho, 22 Maret 2025
11. Grand Indonesia, 22 & 23 Maret 2025 - All day sale (10 AM - 10 PM)
12. Kota Kasablanka, 22&23 Maret 2025
13. Lippo Plaza Kramat Jati, 22 & 29 Maret 2025
14. Lotte Mall, 22 & 28 Maret 2025
15. Mall @ Bassura, 22 Maret 2025.
Tidak hanya menyemarakan Ramadan dengan wisata belanja, Andhika mengungkapkan, pihaknya juga menghadirkan Irama Ramadan yang menghangatkan suasana kota dengan lantunan merdu dan harmoni penuh makna.
"Irama Ramadan menghadirkan musisi-musisi berbakat dengan ragam genre musik, mulai dari religi, akustik, hingga orkestra yang syahdu," tutur Andhika.
Acara ini telah berlangsung pada 13-16 Maret 2025 dan 20-21 Maret 2025, di berbagai ruang publik yang tersebar di Jakarta, seperti Jakarta Creative Zone: Buy Local Dukuh Atas, Tebet Eco Park, Plaza Kori – Taman Mini Indonesia Indah.
Kemudian, Taman Wijaya Kusuma, Kawasan Kota Tua, Masjid Istiqlal, Taman Lapangan Banteng, Taman Gorontalo, dan Taman Cempaka.
"Selain menjadi hiburan, acara ini juga untuk menghadirkan nuansa kebersamaan dan mempererat silaturahmi di bulan penuh berkah," ungkap Andhika.
Sedangkan acara Perjalanan Wisata Religi, diselenggarakan pada 8 dan 16 Maret, dengan peserta yang terdiri dari masyarakat umum, komunitas konten kreator, serta asosiasi industri pariwisata.
Dalam perjalanan ini, para peserta akan diajak mengunjungi masjid bersejarah dan situs religi yang menjadi bagian penting dari perkembangan budaya dan keberagaman Jakarta.
"Setiap destinasi yang dikunjungi akan dikupas secara mendalam, mulai dari sejarah arsitekturnya, nilai spiritualnya, hingga kisah-kisah menarik di baliknya," pungkas dia.
Tujuan dari kegiatan ini, menurut Andhika, untuk mengenalkan lebih luas potensi wisata religi sekaligus memperkuat pemahaman masyarakat akan warisan sejarah dan budaya Islam di Jakarta.
Andhika menyebutkan, Perjalanan Wisata Religi juga dilaksanakan di tiga kota administratif, yaitu Jakarta Barat pada 15 Maret, Jakarta Selatan pada 20 Maret di Jakarta Utara pada 24 Maret.
"Melalui perpaduan budaya, spiritualitas, dan hiburan, Ramadan di Jakarta menjadi lebih dari sekadar perayaan, tetapi juga wujud harmoni dan inklusivitas dalam keberagaman," imbuhnya. (Tp).