Kominfo Bagi Tips Pemasaran Berbasis Konten, Begini Caranya - Telusur

Kominfo Bagi Tips Pemasaran Berbasis Konten, Begini Caranya

Webinar Kominfo "Tips Digital: Pemasaran Berbasis Konten"

telusur.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021.

“Dalam perjalanannya program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital," ujar Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abriijani Pengerapan.

Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level baik, Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital.

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Kegiatan webinar literasi digital untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, dan sekitarnya telah diselenggarakan pada hari Jumat, 12 Agustus 2022, pukul 15.00-17.00 WIT dengan tema “Tips Digital: Pemasaran Berbasis Konten”.

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.200 orang dari berbagai kelompok masyarakat di wilayah Maluku Papua yang menghadirkan Kepala Program Studi Perdagangan Internasional Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, Bayu Sutjiatmo; Consultant Business, Syarif Maulana; dan Kepala Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, Aji Kresno, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Bayu Sutjiatmo membahas tips pemasaran berbasis konten ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya, ada empat tips melakukan pemasaran berbasis konten yang dilakukan.

"Pertama, buatlah konten berdasarkan topik yang sedang trending. Kedua, sesuaikan konten dengan target audiens. Ketiga, pilih sosial media yang tepat dan sesuai dengan target audiens. Terakhir, konsisten dalam share konten di sosial media," papar Bayu.

Syarif Maulana juga menjelaskan soal pemasaran berbasis konten ditinjau dari perspektif etika digital. Katanya, dlam membuat konten tentu memerlukan etika di dalamnya untuk menjaga nama baik dan terhindar dari UU ITE.

"Empat prinsip etika pemasaran berbasis konten yang harus di pahami. Pertama, dalam membuat konten perlu adanya empathy. Kedua, kejujuran. Ketiga, transparansi atau keterbukaan. Keempat, selalu menjaga janji yang sudah diberikan atau ditawarkan kepada konsumen," jelas Syarif.
 
Sementara itu, Aji Kresno menjelaskan  soal tips pemasaran berbasis konten ditinjau dari perspektif keamanan digital. Dia menuturkan, ada empat tips aman dalam membuat konten pemasaran digital.

"Pertama, selalu ingat tidak ada yang aman di dunia digital karena itu mengaktifkan password menjadi sebuah keharusan. Kedua, selalu berikan watermark setiap kali membuat dan menyebarkan konten promosi untuk menjaga konten dari plagiasi. Ketiga, selalu berikan brand identity di setiap konten Anda. Terakhir, laporkan jika mendapati konten Anda ditiru oleh orang lain," paparnya. (Fhr)


Tinggalkan Komentar