NASA Akan Kirim Robot Penjelajah Es ke Bulan - Telusur

NASA Akan Kirim Robot Penjelajah Es ke Bulan


telusur.co.id - NASA, pada Senin kemarin, mengumumkan akan mendaratkan VIPER, robot penjelajah pencari es, di wilayah kutub selatan Bulan yang disebut Kawah Nobile. 

Misi ini nantinya akan dilaksanakan tahun 2023 mendatang. Badan antariksa berharap VIPER mampu mengungkapkan informasi penting untuk ekplorasi ruang angkasa di masa depan.

VIPER adalah bagian penting dari program artemis NASA, yang bertujuan untuk kembali menghadirkan manusia ke bulan secara jangka panjang dan berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan ini maka dibutuhkan sumber daya bulan secara ekstensif, terutama air es.

Melalui pengamatan yang telah dilakukan badan antariksa, bulan menyimpan banyak air es terutama di daerah bayangan permanen (PSR) di dekat kutubnya. VIPER akan dirancang untuk membuktikan kebenaran itu dan memberi informasi kepada ilmuwan terkait berapa banyak es yang ada di sana dan seberapa mudah aksesnya.

Situs Nobile mencakup 36 mil persegi (93 kilometer persegi). 

VIPER bertenaga surya seberat 950 pon (450 kilogram) akan mengukur dan mengkarakterisasi air es di berbagai lokasi Kawah Nobile, termasuk PSR, yang merupakan salah satu tempat terdingin di seluruh tata surya. 

VIPER akan melakukan pekerjaan ini selama setidaknya 100 hari Bumi menggunakan tiga spektrometer dan bor, yang akan mendapatkan sampel hingga 3,3 kaki (1 meter) di bawah tanah.

Tim Viper telah mempertimbangkan empat lokasi pendaratan finalis di dekat kutub selatan. Tiga lainnya adalah area luar Kawah Haworth, area Kawah Shackelton, dan area Kawah Shoemaker. 

Keempat situs tersebut diklaim sangat cocok secara ilmiah maupun logistik.

Ilmuwan Proyek VIPER, Tony Colaprete menyatakan jika VIPER membutuhkan setidaknya sekitar 10 hari atau lebih untuk memenuhi persyaratan misi ini. 

Laporan: Nadila Firdinia


Tinggalkan Komentar