telusur.co.id - Brand-brand kopi lokal diyakini mampu bersaing dengan brand-brand kopi dari luar negeri. Bahkan, kualitas dan cita rasa kopi Indonesia lebih baik dari kopi luar.

Begitu disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menghadiri acara bertajuk "Kopi Penyangga Bumi" di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (20/1/20).

"Kita harapkan produk lokal bisa meningkat dari segi volume bisnisnya, asalkan dikonsep dengan baik maka akan memiliki value yang tinggi," kata Teten.

Untuk mendukung pengembangan kopi nasional, Teten pun mendukung aset-aset pemerintah yang ideal untuk dimanfaatkan  oleh para pelaku UMKM. Salah satu lahan itu adalah M Bloc Space yang dijadikan sebagai marketplace untuk berbagai produk, seperti kuliner, fashion, termasuk kedai kopi. 

"Model seperti ini yang akan mendapatkan market yang paling bagus di kalangan anak muda, selain komersial juga edukasi untuk masyarakat," kata Teten.

Teten juga terus berupaya mencari lahan pemerintah yang kosong lainnya atau kurang dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan serupa. Misalnya, untuk pasar malam, desa wisata, dan sejenisnya. 

Di tempat yang sama, CEP M Bloc  Space serta penggagas Kopi Penyangga Bumi, Handoko Hendroyono mengatakan, M Bloc tumbuh dan berkembang karena semangat komunal, di mana brand-brand lokal hadir dan eksis. Dengan kerjasama seperti ini brand-brand lokal dipastikan bisa maju. 

"Kita harus bersatu, berkolaborasi seluruh stake holder (BUMN, masyarakat dan lain-lain) untuk memajukan brand lokal," pinta Handoko. 

Pihaknya juga akan terus membuat kolaborasi event-event kopi, bukan hanya di M Bloc Space, tetapi juga di banyak tempat di Jakarta Selatan. Sehingga, turis-turis asing akan banyak berwisata kopi di Jakarta Selatan dengan narasi yang berbeda. 
 
Sementara Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya mengatakan, sebagai BUMN Peruri memiliki tanggungjawab untuk memajukan serta mendorong masyarakat agar mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupannya.

 "Acara Kopi Penyangga Bumi ini merupakan kolaborasi Rumah Kreatif BUMN Karawang dengan Creative Hub M Bloc, diharapkan semakin banyak BUMN maupun swasta yang tertarik berkolaborasi memajukan petani kopi di Indonesia dan menjadikan kopi Indonesia memiliki nilai jual di tingkat dunia," harap Dwina.

Peruri bersama M Bloc, tambah Dwina, sangat terbuka untuk mengakomodir kolaborasi kreatif dari berbagai komunitas dalam mewujudkan gagasan para milenial maupun industri kreatif untuk meningkatkan peran UMKM dalam memajukan perekonomian Indonesia.[Fhr]