Geger, 25 Makam di Tasikmalaya Digali Misterius

25 Makam di Tasikmalaya Digali Misterius / Net

telusur.co.id - Warga Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, digegerkan dengan adanya penggalian makam secara misterius.

Tak tanggung-tanggung berdasarkan informasi, ada 25 makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kampung Pakemitan II, yang dibongkar.

Peristiwa tersebut diketahui pada Jumat pagi, oleh warga yang hendak berziarah. Mengetahui ada makam yang terbuka, warga itu langsung melapor kepadanya.

Makam-makam itu terbuka pada bagian bawah nisan dengan lebar sekitar 50 centimeter. Keluarga dan masyarakat sekitar secara gotong royong telah membetulkan kembali makam itu.

Menurut keterangan pengurus makam setempat, Anda Juanda (54) sebagaimana yang diberitakan banyak media lokal dan nasional, makam-makam itu hanya terbuka pada bagian gundukan bawah nisan, tidak sampai pada jenazah di dalam makam.

"Jadi bukan pembongkaran, kalau bahasa sunda mah seperti dikodok (dikorek)," kata dia.

Polisi Temukan Fakta

Gegeranya penggalian makam itu membuat polisi turun tangan. Polisi menemukan fakta baru dari kasus tersebut. Itu diketahui setelah dilakukan penyelidikan.

"Setelah olah TKP ada 25 makam yang digali. Makam dengan marmer warna hitam saja yang digali", kata AKP Dindin Joemardini, Kapolsek Cikatomas.

Hasil olah TKP, makam yang digali rata-rata berukuran 10 cm dengan kedalaman 30-40 cm.

Untuk mengantisipasi bertambahnya makam yang tergali, polisi bersama warga akan menggelar patroli rutin secara bergiliran pada siang dan malam hari. [ipk]

Tinggalkan Komentar