Hutama Karya Rampungkan Proyek Double-Double Track Manggarai-Jatinegara - Telusur

Hutama Karya Rampungkan Proyek Double-Double Track Manggarai-Jatinegara

Proyek DDT Manggarai-Jatinegara

telusur.co.idJakarta – PT Hutama Karya (Persero) memastikan perusahaan dapat berhasil bertahan di masa-masa krisis ditengah situasi pandemi Covid-19 dengan berbagai terobosan baik dari sisi teknologi konstruksi, budaya kerja, optimalisasi QHSSE, hingga efisiensi HPP pada seluruh proyek yang sedang digarap.

Terbaru, Hutama Karya berhasil merampungkan salah satu mega proyek milik Kementerian Perhubungan yakni Pembangunan Jalur Kereta Api Dwi Ganda atau Double-Double Track (DDT) Paket A yang menghubungkan dari Manggarai-Jatinegara pada 16 Desember 2020 lalu.

Dalam pembangunan proyek yang dimulai sejak tahun 2015 lalu, Hutama Karya melakukan joint operation dengan PT Modern Surya Jaya (MSJ) dan PT Mitra Engineering Grup (MEG) selaku perusahaan swasta spesialis pekerjaan rel kereta, dimana porsi Hutama Karya pada proyek ini adalah 41%.

Proyek senilai 1 Triliun rupiah lebih ini memiliki 2 jalur pekerjaaan yaitu Commuter Line (St. Manggarai - St. Matraman - St. Jatinegara) dengan panjang rel sekitar 1,44 km yang sudah dilakukan uji coba sebelumnya pada pertengahan 2020 lalu dan jalur Bogor Line (St. Cikini - St. Manggarai - St. Tebet) dengan panjang rel 2,22 km yang akan dioperasikan segera.

Direktur Operasi II Hutama Karya, Novias Nurendra mengatakan, meski ditengah tantangan pandemi Covid-19 yang melanda, pengerjaan proyek tetap harus on going dengan mengimplementasikan penerapan prosedur dan protokol kesehatan yang cukup ketat yang dimonitor secara harian oleh tim QHSSE pada masing-masing proyek serta manajemen Hutama Karya di kantor pusat.

Perusahaan juga memastikan tidak ada mobilisasi dari dalam dan keluar proyek serta tidak ada penambahan pekerja sementara di proyek hingga wabah Covid—19 ini dinyatakan aman.

Hal tersebut menyusul Instruksi Menteri (Inmen) No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Selain dihadapkan pada situasi pandemi di periode akhir pengerjaan proyek, pembangunan DDT Manggarai – Jatinegara ini juga melalui tantangan yang cukup sulit seperti terbatasnya area lokasi akses kerja yang mengharuskan kontraktor memutar otak untuk menemukan metode yang efektif dan efisien terhadap biaya maupun waktu dan akses kerja yang bersinggungan dengan “Public Activity” di Stasiun Manggarai sehingga mengharuskan pekerjaan dengan window time pukul 00.00 WIB hingga pukul 03.30 WIB dini hari,” kata Novias melalui keterangannya, Rabu (13/01/2020).

Masih kata Novias, pekerjaan yang digarap oleh Hutama Karya dalam proyek ini adalah Pengerjaan Erection Box dengan menggunakan Launcher Gantry melalui metode Span By Span, Pengerjaan Erection Cast in Situ dan Pengerjaan Erection by Shoring.

Pembangunan paket A yang menyerap 150 tenaga kerja bertujuan untuk memisahkan jalur kereta api jarak jauh, KRL, dan kereta bandara di Stasiun Manggarai.

*Double-Double Track Manggarai-Jatinegara Bakal Permudah Mobilisasi Masyarakat*

Kehadiran DDT Manggarai – Jatinegara ini digadang-gadang bakal mempermudah mobilitas masyarakat di wilayah Jabodetabek yaitu dengan bertambahnya jumlah kapasitas pergerakan kereta api jalur Bekasi maupun Bogor line.

Selain itu, lanjut Novias, jalur ganda ini juga mempercepat proses tunggu dan membuat kawasan tertata lebih rapi.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pembangunan DDT untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan kereta api listrik (KRL) hingga memberikan keselamatan yang lebih baik bagi kereta lintas antar kota.

“Dengan dilakukan pembangunan proyek DDT, maka produktivitas keluar kota dan ke dalam kota akan meningkat. Juga fungsi-fungsi safety-nya dan yang akan datang itu kalau DDT sudah selesai, maka semua kereta ke luar kota akan dipusatkan ke Manggarai, sehingga fungsi-fungsi stasiun yang ada di dalam kota itu tidak terganggu dengan kapasitas yang naik dua kali lipat,” terang Budi Karya.

Hutama Karya menilai di tahun 2021, sektor konstruksi akan mengalami fase recovery yang didukung oleh dampak positif dari telah ditemukannya vaksin COVID-19.

“Hal tersebut tentunya akan meningkatkan movement of people sehingga kegiatan konstruksi yang semula tertunda perlahan dapat kembali berjalan normal. Karenanya, perusahaan mengestimasi pertumbuhan bisnis konstruksi Hutama Karya di tahun 2021 khususnya pengusahaan Jalan Tol Trans Sumatera dan bisnis infrastruktur lainnya,” ucap Novias Nurendra.

Sekilas Tentang Hutama Karya

PT Hutama Karya (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Pengembang Infrastruktur dan Pengelola Jalan Tol yang menyediakan Jasa Konstruksi & EPC, Investasi Jalan Tol, Operasi Dan Pemeliharaan Jalan Tol, Manufaktur serta Pengembangan Properti dan Kawasan.

Saat ini perusahaan sedang menyukseskan mandat pemerintah untuk membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dalam menjalankan visi sebagai Pengembang Infrastruktur Terkemuka Indonesia, Hutama Karya berkolaborasi dengan 3 anak perusahaannya mengoptimalkan inovasi pada setiap aspek bisnisnya agar tetap menjadi bagian penting dalam kemajuan pembangunan Infrastruktur Indonesia.

Adapun ketiga anak perusahaan Hutama Karya saat ini adalah PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) di bidang jasa konstruksi, PT Hakaaston (HKA) di bidang manufaktur dan penyedia aspal beton, serta PT Hutama Karya Realtindo (HKR) di bidang pengembang properti.


Tinggalkan Komentar