Kemenkominfo Apresiasi Kehadiran ISED untuk Pemanfaatan Teknologi yang Benar

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Widodo Muktiyo. (Foto: telusur.co.id/Fahri)

telusur.co.id - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Widodo Muktiyo menilai, dibentuknya Institute for Social, Economic, and Digital (ISED) oleh sejumlah akademisi, akan sangat membantu untuk melihat potret kehidupan masyarakat Indonesia dalam kaitannya dengan perubahan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Widodo usai menghadiri acara syukuran pendiria. ISED di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/19).

"Saya atas nama Kominfo memberikan apresiasi atas inisiasi Institute For Social, Economic dan Digital karena kaitannya untuk bisa melihat potret masyarakat kita di Indonesia ini khususnya direlevansikan dengan adanya perubahan teknologi digital," kata Widodo.

Dia mengungkapkan, dengan adanya ISED yang bergerak dalam pengkajian, pemberdayaan, pelatihan, diskusi, edukasi, survei, diseminasi, dan kegiatan lainnya yang berfokus dalam bidang sosial, ekonomi, dan digital ini, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi secara baik dan benar sebagaimana tujuan dari Kominfo.

"Ini penting karena teknologi digital yang kita kembangkan diinisiasi oleh Kominfo itu untuk adanya pelompatan pendapatan, pelompatan ruang kerja, dan sudah saatnya Indonesia menuju menempuh program digitalisasi. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan semacam ini akan memperkaya khazanah akademik ilmiah untuk menuju Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

Untuk diketahui, ISED didirikan dengan tujuan diseminasi transformasi sosial dan ekonomi dalam lingkup ekosistem digital, melakukan kajian dan diskusi untuk mencari solusi agar perkembangan dan transformasi sosial, ekonomi dalam lingkup ekosistem digital sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kemudian melakukan berbagai pelatihan, edukasi, dan program pemberdayaan agar perkembangan sosial dan ekonomi dalam lingkup ekosistem digital sehingga memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Selanjutnya, kehadiran ISED juga untuk mendorong literasi digital dalam bidang sosial dan ekonomi agar dimanfaatkan secara bijak dan dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia, serta memberikan masukan tentang transformasi sosio-ekonomi digital kepada semua pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat hingga pemerintah desa, dunia usaha, dan masyarakat umum.

"Jadi tujuannya adalah untuk membantu proses transformasi digital di Indonesia. Karena itu kita ingin supaya dalam transformasi digital ini bisa mendapat dampak positif dan memanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat, kemajuan bangsa dan negara," ujar Founder ISED Sri Adiningsih disela-sela acara syukuran pendirian ISED. [Fhr]

Tinggalkan Komentar