Komoditi Pangan Dan Perkebunan Didorong Manfaatkan e-Commerce Untuk Pemasaran - Telusur

Komoditi Pangan Dan Perkebunan Didorong Manfaatkan e-Commerce Untuk Pemasaran


telusur.co.id - Masalah ketersediaan pangan hingga fluktuasi harga bahan pokok terjadi di berbagai daerah di saat pandemi Covid-19.  Hal itu dampak dari penerapan physical distancing hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar PSBB.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit, mendorong sektor komoditi pangan dan perkebunan memanfaatkan media e-commerce dalam menjual produk. 

"Sekaligus memfasilitasi konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan pokoknya,"kata Victoria di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

Ia mencontohkan beras Genki Mlatiharjo, salah satu produk beras organik kualitas premium yang diproduksi Koperasi Citra Kinaraya di Kelurahan Mlatiharjo, Demak, Jawa Tengah, yang saat ini sudah tersedia di platform e-commerce jagapati.com. 

Tak hanya beras merah, namun juga beras hitam, beras coklat, beras melati dan beras Genki dengan ukuran 1 kilogram dan range harga Rp27.000 hingga Rp33.000 per kilogram

Selain itu, lanjut Victoria, ada juga Teh Sekar Langit yang diproduksi Kelompok Usaha Sekar Langit di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. 

Berbagai varian teh yang telah dijual di platform e-commerce jagapti.com, antara lain teh hijau, teh oolong, teh putih dan teh hitam. 

"Diharapkan dengan adanya komoditi-komoditi yang diproduksi koperasi, UKM, maupun kelompok usaha yang telah menembus e-commerce tersebut, dapat mendorong komoditi lainnya untuk memperluas pemasaran produknya melalui media online," pungkas Victoria.[Fhr]
 


Tinggalkan Komentar