telusur.co.id -Utrecht, Belanda. Discovering the Magnificence of Indonesia (DMI) Expo 2024 akan menjadi sorotan utama di Pusat Pameran Jaarbeurs yang bergengsi di Utrecht, Belanda. Acara empat hari ini menandai tonggak sejarah sebagai Pameran Pariwisata dan Perdagangan mandiri pertama Indonesia di luar negeri, yang berfokus pada promosi Desa Wisata dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Diselenggarakan oleh Yayasan Negeriku bekerja sama dengan PT Nuswantara Adhidaya Perkasa (KUPU GSC), acara ini merupakan langkah penting dalam menampilkan potensi Indonesia dalam pariwisata berkelanjutan, kewirausahaan lokal, dan industri kreatif sambil mempererat hubungan antara Indonesia dan Eropa.

Fokus utama dari DMI Expo 2024 adalah fokusnya dalam memfasilitasi koneksi Business-to-Business (B2B), yang menghasilkan 7 penandatanganan MoU senilai total €1,7 juta / IDR 30 miliar dalam potensi transaksi bisnis. Kesepakatan-kesepakatan ini menandai langkah signifikan dalam mempromosikan UKM Indonesia dan produk-produknya secara global.

DMI Expo 2024 kali ini menampilkan berbagai kegiatan yang cukup menarik dan interaktif diantaranya: 

  • Forum Bisnis & Peluang Jaringan: Menghubungkan UKM Indonesia dengan mitra Eropa.
  • Peragaan Busana: Menyoroti Wastra Nusantara (tekstil tradisional) dan Busana Muslim, yang menampilkan karya desainer berbakat Indonesia.
  • Pertunjukan Budaya: Musik tradisional, tari, dan pertunjukan wayang kulit yang menghadirkan warisan budaya Indonesia.
  • Pameran Desa Wisata: Memperkenalkan destinasi pariwisata berkelanjutan dan permata tersembunyi di Indonesia.
  • Lokakarya: Sesi interaktif tentang pembuatan batik, penyeduhan kopi, dan seni kuliner Indonesia.

DMI Expo 2024 dihadiri beberapa tamu kehormatan termasuk perwakilan dari pemerintah Indonesia dan Belanda, ppemimpin industri, dan tokoh budaya. Pembicara dan penampil ternama akan berbagi wawasan dan bakat, mempromosikan pengaruh Indonesia di panggung global.

Acara ini digelar dengan tujuan mendukung visi global Indonesia yang bisa disebut seperti meningkatkan perdagangan internsional, mempromosikan pariwisata berkelanjutan, dan meningkatkan pengakuan global terhadap industri kreatif Indonesia. Selain itu juga menjembatani komunitas Indonesia dan Eropa untuk menciptakan kemitraan yang berkelanjutan sehingga bertumbuh bersama.

Beberapa sorotan yang dapat didapat dari DMI Expo 2024 ini antara lain:

  • Lebih dari 50+ Pertemuan B2B berhasil menghubungkan pengusaha Indonesia dengan pembeli internasional.
  • €1,7 juta / IDR 30 miliar dalam potensi transaksi bisnis dari produk UKM dan pariwisata Indonesia.
  • Kolaborasi dengan importir dan pemilik gudang sebagai Aggregator Produk untuk Pasar Indonesia di Eropa Barat.
  • Lebih dari 2.000 pengunjung menghadiri pameran, menjadikannya acara yang meriah.
  • Lebih dari 20 Destinasi Desa Hijau dan lebih dari 35 UKM terkemuka Indonesia dipromosikan.
  • Pertunjukan Budaya, Peragaan Busana, dan Kuliner Indonesia menjadi daya tarik utama.
  • Lebih dari 10 Pertunjukan Budaya dipamerkan sepanjang acara empat hari.
  • Lebih dari 10 merek lokal terkenal memulai debutnya dalam peragaan busana "Wastra Nusantara & Modest Fashion Festival" di Belanda.

Beberapa kesepakatan kerjasama juga terjadi pada event ini seperti:

  1. De Wild Group B.V (Belanda) dengan PT. Voila Living Indonesia. Nilai: €890,000
  2. Bruce Steiginga dengan UKM Binaan Pertamina. Nilai: €120,000 dan €150,000
  3. CV Bali Ayu Shop dengan Bapak Yahya Qurabi Al Beiroti. Nilai: €78,000
  4. PT Lamus Tirta Botanica dengan Bapak Yahya Durabi Al Beiroti. Nilai: €450,672
  5. PT UNDIRA Bhakti Jaya dan PT Niat Sae Nusantara. Bermitra dengan Aggregator Produk di Utrecht untuk produk Indonesia yang menargetkan Eropa Barat.
  6. Kementerian KUKM Republik Indonesia. Nilai total kesepakatan: €68,750

Gelaran DMI Expo ini dipastikan akan digelar lagi pada November 2025 di tempat yang sama di Utrecht. Penyelenggara membuka kesempatan untuk seluruh elemen untuk berpartisipasi, berkontribusi pada acara ini. Sampai jumpa di DMI Expo 2025!.