Manajemen Sosial Media Harus Dikelola Secara Bijak dan Tepat - Telusur

Manajemen Sosial Media Harus Dikelola Secara Bijak dan Tepat

Webinar Kominfo "Tips Dunia Digital: Sosial Media Management"

telusur.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021.

“Dalam perjalanannya program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital," ujar Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abriijani Pengerapan.

Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level baik, Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital.

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Kominfo bersama Siberkreasi kembali menyelenggarakan webinar literasi digital untuk masyarakat di Sumatra dan sekitarnya pada Sabtu (26/11/22). Webinar mengangkat tema “Tips Dunia Digital: Sosial Media Management”.

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat di Sumatra. Hadir sebagai narasumber Lusi Ayu Daningsih, Direktur Program Literasi Digital Digimom; Denisa Nur, Head of Rnd Urban Sakola; serta Aji Kresno, Ketua Prodi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital. 

Dalam webinar tersebut, Lusi Ayu Daningsih membahas tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya, sosial media management adalah suatu aktivitas pengelolaan, pengembangan dan perencanaan semua platform sosial media untuk mempromosikan perusahaan atau brand. 

"Terdapat lima hal yang perlu diperhatikan dalam menerapkan sosial media manajemen. Pertama, pastikan manajemen sosial media yang dilakukan dapat meningkatkan brand awareness. Kedua, gunakan sosial media sebagai alat promosi, informasi, dan berita yang praktis. Ketiga, utilisasi sosial media harus mampu meningkatkan penjualan. Keempat, gunakan sosial media untuk memperkenalkan usaha secara luas. Terakhir, selalu ingat bahwa media sosial itu merupakan cerminan kualitas dan jati diri brand," ujar Lusi.

Lalu Denisa Nur membahas mengenai tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif etika digital. Menurut dia, ada tiga hal yang perlu dilakukan agar tetap beretika dalam melakukan sosial media manajemen.

"Pertama, hindari membuat konten promosi yang negatif. Kedua, berikan informasi yang jelas agar mudah dimengerti dan tidak menimbulkan mispersepsi. Terakhir, selalu jujur dan hindari plagiasi dalam membuat konten pemasaran," jelas Denisa.  

Lebih jauh Aji Kresno membahas mengenai tips sosial media manajemen ditinjau dari perspektif keamanan digital.  Disampaikannya, ada tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan sosial media platform kita.

"Pertama, selalu mengaktifkan dan menggunakan pengamanan yang berjenjang kepada setiap platform kita. Kedua, selalu perbaharui password secara berkala. Terakhir, selalu waspada jika mendapatkan link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya," ujar Aji. (Fhr)

 

 


Tinggalkan Komentar