telusur.co.id -Sebagai bagian dari strategi untuk mengimplementasikan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 7 Tahun 2022 tentang percepatan 100 persen cakupan layanan air minum perpipaan.
PAM JAYA melibatkan peran aktif warga sebagai wujud kontribusi nyata dalam pembangunan kota Jakarta.
Direktur Pelayanan PAM JAYA, Syahrul Hasan menyampaikan, antusiasme warga Jakarta untuk berpartisipasi dalam upaya ini disambut baik oleh pihaknya, dengan pemberian apresiasi kepada 30 warga terbaik yang telah membantu mewujudkan ambisi tersebut.
Selain itu, dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga yang telah berkontribusi dalam memperluas cakupan layanan air minum perpipaan di DKI Jakarta.
Hasan pun menekankan bahwa dengan semakin meluasnya cakupan layanan, upaya pemerintah daerah dalam menekan angka stunting juga terbantu.
"Dengan cakupan layanan yang semakin luas, warga secara langsung berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia di Jakarta," ujar Syahrul di Jakarta, Senin (3/3/2025).
Salah satu penerima apresiasi, Jayanti, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PAM JAYA atas program ini.
"Saya sangat bersyukur dan berharap PAM JAYA terus berkembang agar semua warga dapat menikmati akses air minum perpipaan di Jakarta," ujar Jayanti.
Sebagai bentuk penghargaan lebih luas, PAM JAYA juga memberikan apresiasi kepada 1.110 perangkat warga dari 18 kelurahan lainnya di DKI Jakarta.
Hingga akhir 2024, PAM JAYA telah berhasil memasang 46.196 sambungan baru yang tersebar di 207 kelurahan di DKI Jakarta.
Capaian ini merupakan hasil kolaborasi antara PAM JAYA dan warga dalam mempercepat pencapaian target 100 persen cakupan layanan.
Kedepan, PAM JAYA berencana memperluas program apresiasi ini hingga mencakup 267 kelurahan sebagai mitra utama dalam mencapai target cakupan 100% pada tahun 2030.
Dalam rangka mencapai target tersebut, PAM JAYA telah meluncurkan berbagai program bantuan kepada warga, seperti sambungan gratis untuk kategori pelanggan 2A1 dan 2A2, kartu air sehat, subsidi biaya pemasangan sebesar 50 persen untuk kategori pelanggan 2A3 dan 2A4, serta program distribusi 1.000 tandon gratis bagi pelanggan di wilayah yang pasokan airnya rendah.
Melalui inovasi dan kolaborasi ini, diharapkan PAM JAYA dapat terus memastikan akses air minum perpipaan yang lebih luas, terjangkau, dan berkelanjutan bagi warga DKI Jakarta. (Tp).