PT MRT Jakarta Akan Merelokasi Temuan Rel Trem Bersejarah di Area CP202 - Telusur

PT MRT Jakarta Akan Merelokasi Temuan Rel Trem Bersejarah di Area CP202

PT MRT Jakarta kembali menemukan rel trem bersejarah di tengah pengerjaan MRT Jakarta CP202. (Foto: PT MRT).

telusur.co.id - PT MRT Jakarta (Perseroda) memastikan akan merelokasi temuan rel trem di CP202 dengan baik agar kondisinya tetap terjaga seperti saat penemuannya.

Direktur Konstruksi MRT Silvia Halim menyampaikan, bahwa pihaknya bersama dengan tim ahli arkeologi dan kontraktor pelaksana konstruksi CP202 Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) telah menyusun metode pekerjaan penyelamatan temuan rel trem tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

"Koordinasi rutin juga dilakukan dengan instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta," kata Silvia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/11/22).

Ia menuturkan, Terdapat enam titik eskavasi ditemukannya rel trem di area pembangunan CP202 dari 
total delapan titik ekskavasi yang dilakukan, yaitu di area pembangunan Stasiun Harmoni sebanyak dua dari tiga titik, area pembangunan Stasiun Sawah besar dua titik, dan area pembangunan Stasiun Mangga Besar dua dari tiga titik.

"Secara umum, rel trem ditemukan di kedalaman 27 cm," kata Silvia. 

Silvia menjelaskan, secara total terdapat lebih kurang 118 span rel atau sepanjang 1,4 km yang akan direlokasi dan dilestarikan dengan baik. Komponennya terdiri dari batang rel, lempengan penyambung batang rel, bantalan rel yang terbuat dari kayu dan baja, baut dan sekrup, serta penambat rel dan batuan ballast. Selain span rel, tim juga menemukan wesel rel yang berfungsi untuk melakukan pemindah jalur kereta.

"Kami sangat memperhatikan temuan-temuan yang menjadi bagian dari sejarah Jakarta dan berusaha seoptimal mungkin untuk menjaga bagian dari sejarah tersebut," ucap Silvia 

CP 202 sendiri merupakan paket kontrak pembangunan MRT Jakarta fase 2A yang akan membangun Stasiun Harmoni, Stasiun Sawah Besar, dan Stasiun Mangga Besar dengan total jalur sepanjang sekitar 1,8 kilometer.

Stasiun Sawah Besar dan Mangga Besar akan menjadi salah satu stasiun dengan desain unik karena akan memiliki empat lantai di bawah tanah yang kedalamannya mencapai sekitar 28 meter. [Fhr]


Tinggalkan Komentar