telusur.co.id - TPK Banjarmasin mencatat peningkatan kinerja yang positif hingga Triwulan III tahun 2025, tercatat arus peti kemas dari Januari sampai dengan September tahun 2025 sebanyak 417.473,75 TEUs. Angka tersebut menunjukkan tren pertumbuhan arus peti kemas sebesar 4,9% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebanyak 398.006 TEUs.
Pertumbuhan angka tersebut didukung oleh berbagai inisiatif strategis yang dilakukan oleh TPK Banjarmasin, khususnya peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan Container Terminal Operations (CTO). Pelatihan ini juga dilanjutkan dengan On The Job Training yang bertujuan meningkatkan kemampuan operasional dan keahlian teknis para personel di lapangan.
"Kinerja positif yang kami catatkan hingga Triwulan III ini adalah hasil nyata dari komitmen kami pada peningkatan kualitas layanan," sambung Terminal Head TPK Banjarmasin, Sirin Purnomo. Kamis, (09/10/2025).
“Salah satu pilar utama dari keberhasilan ini adalah transformasi pada SDM yaitu melalui program pelatihan yang dilakukan,” tambah Sirin.
Selain itu, penerapan sistem Hot Seat dapat memangkas waktu tunggu pergantian operator sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional di lapangan dan mempercepat layanan bongkar muat kapal, yang pada gilirannya akan menurunkan Port Stay kapal. Saat ini rata-rata Box Ship per Hour (BSH) di TPK Banjarmasin mencapai angka 28,10
Perbaikan juga dilakukan dari sisi Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) seperti program standarisasi ruang kerja yang mencakup eco workplace.
Lebih lanjut, Sirin menjelaskan, Improvement terus dilakukan dari semua sisi, baik operasional hingga optimalisasi layanan. Transformasi terus dilakukan hingga kini, kedepan akan dilakukan sistemisasi dan penerapan truck booking system (TBS) untuk mengatur jadwal truk eksternal yang akan masuk ke dalam terminal”
Bagus perwakilan dari PT Tanto Intim Line, menanggapi; “Kami melihat peningkatan layanan dari TPK Banjarmasin sudah cukup baik. Responsivitas mereka dalam menangani kendala operasional sangat membantu kelancaran bisnis di kami juga,” urainya.
“Harapan kami ke depan, TPK Banjarmasin terus melanjutkan transformasi ini dan berbenah untuk meningkatkan layanan maupun efisiensi operasional secara berkelanjutan,” jelas Bagus.
Komitmen TPK Banjarmasin sebagai bagian dari PT Pelindo Terminal Petikemas untuk terus meningkatkan produktivitas terminal dan memberikan layanan optimal. TPK Banjarmasin optimis momentum positif ini akan terus dijaga hingga akhir tahun. (ari)