M Bloc Space Resmi Bertransformasi dengan Wajah dan Semangat Baru - Telusur

M Bloc Space Resmi Bertransformasi dengan Wajah dan Semangat Baru

Ahmad Romero Comacho CEO M Bloc Space. Foto: Istimewa.

telusur.co.id -Setelah enam tahun menjadi pionir ruang kreatif di Jakarta, M Bloc Space resmi memperkenalkan wajah barunya melalui acara Grand Launching New Face of M Bloc Space di M Bloc Live House, Blok M, Jakarta Selatan, hari ini.

Mengusung kembali tema “Semua Kembali ke Blok M”—yang pertama kali digunakan saat pembukaannya pada 26 September 2019—acara ini menandai komitmen M Bloc untuk terus menghidupkan kawasan Blok M sebagai pusat kegiatan, kreativitas, dan budaya populer bagi generasi muda, khususnya Gen Z.

Transformasi besar-besaran dilakukan sejak awal 2025, mencakup renovasi lobby utama, pembangunan mushola dan toilet baru, pembaruan atap dan area tenant, serta peningkatan kualitas akustik di M Bloc Live House dan Creative Hall. Selain itu, jalur pedestrian di sisi utara dan selatan kini dilengkapi kanopi untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Menurut Ahmad Romero Comacho, CEO M Bloc Space, pembaruan ini merupakan bentuk keberlanjutan visi almarhum Glenn Fredly yang turut menggagas M Bloc sejak awal.

“Fokus kami bukan mengubah arah, tapi meneruskan gerakan yang sudah dimulai. M Bloc adalah ruang kolaborasi yang harus terus hidup agar dampaknya dirasakan lebih luas dan berkelanjutan,” ujarnya.

Transformasi M Bloc tidak lepas dari dukungan PERURI, selaku pemilik aset kawasan tersebut. Direktur Utama PERURI Dwina Septiani Wijaya mengatakan, kolaborasi ini menjadi contoh nyata sinergi antara BUMN dan industri kreatif.

“Kami bangga aset PERURI yang sebelumnya tidak produktif kini menjadi ruang hidup bagi kreativitas anak muda. Ini bukti bahwa sinergi BUMN dan pelaku kreatif bisa memberi dampak ekonomi dan sosial,” kata Dwina.

Dalam momentum peluncuran ini, M Bloc juga mengumumkan kerja sama strategis dengan Telkomsel melalui program naming rights bertajuk M Bloc Space SIMPATI 5G. Kolaborasi ini akan menjadikan kawasan M Bloc sebagai pusat eksperimen gaya hidup digital berbasis teknologi 5G.

Emir Gema Surya, Vice President Brand and Marketing Communication Telkomsel, menjelaskan kerja sama ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam memperluas ekosistem digital di Indonesia.

“Kami ingin menghadirkan konektivitas 5G yang bukan hanya cepat, tapi juga menjadi enabler bagi industri kreatif dan talenta muda,” ujar Emir.

Staf Khusus Presiden Bidang UMKM dan Teknologi Digital, Tiar Nabilla Karbala, turut mengapresiasi langkah ini.

“Sinergi antara pelaku kreatif, BUMN, dan industri digital seperti ini memperkuat daya saing nasional menuju visi Indonesia Emas 2045,” katanya.

Peluncuran wajah baru M Bloc Space juga bertepatan dengan penyelenggaraan M Bloc Design Week (MBDW) 2025 bertema “Daur Rupa”. Festival ini berlangsung 31 Oktober hingga 9 November 2025 di Jakarta dan sejumlah kota lain seperti Medan, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, dan Bali.

Inisiator MBDW sekaligus co-founder M Bloc Space, Jacob Gatot Sura, mengatakan edisi tahun ini menyoroti praktik desain berkelanjutan dan kolaborasi lintas disiplin.

“Kami ingin mengajak pelaku kreatif melihat ulang hubungan antara bentuk, fungsi, dan keberlanjutan. Desain bukan hanya soal estetika, tapi juga tanggung jawab terhadap bumi,” ujarnya.

Dalam ajang ini, BCA menghadirkan area myBCA Experience di lobby utama M Bloc, menyediakan berbagai layanan digital seperti pembukaan rekening, aktivasi myBCA, hingga fitur QRIS NFC Pay.

Bagian terakhir dari transformasi M Bloc adalah rebranding area Creative Hall menjadi Melting Pop, hasil kolaborasi dengan media kreatif Infipop.

CEO Infipop Irfan “Fanbul” Prabowo menjelaskan, Melting Pop akan menjadi ruang bagi komunitas dan brand untuk berkolaborasi lintas bidang.

“Kami ingin menciptakan tempat yang hidup dan relevan, di mana musik, desain, mode, hingga film bisa berbaur dan melahirkan energi baru,” tuturnya.


Tinggalkan Komentar