Ajang UVO 2021 Diharapkan Bisa Perluas Pasar Ekspor UMKM - Telusur

Ajang UVO 2021 Diharapkan Bisa Perluas Pasar Ekspor UMKM


telusur.co.id - Ajang UKM Virtual Expo (UVO) 2021, diharapkan dapat memperluas pasar ekspor produk UMKM, serta membangkitkan perekonomian nasional. Termasuk mendorong omzet UMKM naik, di era digital saat ini. 

"Kementerian Koperasi dan UKM sangat mendukung penyelenggaraan UKM Virtual Expo 2021 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Bank Jateng," kata Menkop Teten Masduki dalam pembukaan UKM Virtual Expo 2021 dengan tema ”Wonderfood UKM, Kudu Setrong Say No To Nglokro” secara virtual, Selasa (16/2/21). 

Teten berharap, penyelenggaraan pameran tahun ini, lebih sukses dari tahun lalu yang berhasil membantu pemasaran produk UKM ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri (Jepang, Singapura, Malaysia, Qatar, Hongkong, Macau, Belanda, Irak, Australia, Turki, dan India). 

Teten memaparkan, perekonomian Indonesia dan 220 negara dunia masih dihadapkan dengan dampak pandemi Covid-19. Data BPS menunjukkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 minus 2,07%, turun jauh jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi 2019 yang ada di level 5,02%. 

“Namun kita harus terus optimistis karena UMKM adalah penggiat ekonomi yang paling handal, dapat tumbuh, bertahan, dan beradaptasi sangat cepat,” katanya. 

Terkait potensi ekonomi Jawa Tengah, Teten mengatakan, nilai neraca perdagangan pada Oktober 2020 mengalami surplus sebesar US$ 17,44 juta yang dipicu oleh surplus sektor non migas. Surplus menunjukkan sisi permintaan mengalami kenaikan sehingga meningkatkan produksi UMKM dan menciptakan lapangan kerja. 

Menurut dia, produk makanan dan minuman merupakan salah satu sektor penyelamat UMKM. Data BPS menunjukkan pada tahun 2020 Industri makanan dan minuman tetap bertumbuh 1,66 persen (y-on-y) didukung oleh produksi padi dan permintaan CPO. 

“Jawa Tengah memiliki banyak UMKM yang unggul dan berpotensi untuk bisa kita terus kembangkan,” katanya. 

Ia menambahkan, platform digital dalam konteks ini akan cukup membantu dalam membuka market digital terutama untuk produk groceries seperti sayuran dan buah-buahan yang membutuhkan waktu cepat untuk bisa sampai ke konsumen. 

Teten mengajak semua pihak untuk fokus pada pelaksanaan dan pengawasan program yang mendukung UMKM. Di antaranya kemudahan untuk pelaku usaha yang diatur UU Cipta Kerja atau dukungan pada program Belanja Kementerian dan Lembaga sebesar 40% untuk UMKM. 

“Untuk memperbesar kapasitas UMKM berkontribusi dalam ekspor nasional, kami mendorong UMKM masuk ke sektor formal, mendorong pengelolaan UMKM berkoperasi dan berkelompok dalam skala ekonomis,” katanya. 

Selain itu, lanjut Teten, pemerintah juga mendorong pengembangan UMKM berbasis komoditi unggulan, sehingga lebih mudah masuk ke dalam rantai pasok global termasuk dengan meningkatkan UMKM masuk ke dalam ekosistem digital. 

“Inilah di antara prioritas kami untuk mendukung UMKM kita naik kelas dan go global,” tukasnya.[Fhr] 

 

 


Tinggalkan Komentar