telusur.co.id - Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria meminta Dinas Pendidikan (Disdik) DKI untuk menyiagakan call center yang proaktif menjawab pertanyaan seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 dengan baik.
Sebab, kata dia, selama PPDB berlangsung, orang tua calon peserta didik membutuhkan informasi dan petunjuk dari panitia untuk mengatasi kesulitan yang dialami demi kelancaran pendaftaran.
“Yang paling penting itu adalah dibentuknya call center (pusat informasi). Saya minta supaya masyarakat pada saat ada masalah bisa berkomunikasi langsung. Kalau enggak nanti emosi masyarakat bisa meluap-luap. Dia (masyarakat) bakal ngadunya ke dewan, ngadunya ke tempat lain akhirnya tidak terarah,” ujar Iman di Jakarta, Selasa (28/5/24).
Iman mengimbau, Dinas Pendidikan untuk melakukan pengecekan dan pemantauan rutin pada call center PPDB yang tersedia. Harapannya, semua permasalahan terkait PPDB dapat teratasi dengan baik dan cepat.
“Tadi kan mereka sudah kasih tau ternyata banyak (call center) yang belum efektif ataupun belum aktif. Makanya saya bilang yang terpenting itu. Memang tidak ada yang perfect tapi kalau ditangani cepat, respons cepat akan aman,” ungkap Iman.
Selanjutnya, politisi Partai Gerindra itu mengingatkan, Dinas Pendidikan meningkatkan pelayanan dan menyiapkan sistem yang baik, agar keluhan yang terjadi pada tahun lalu tak terulang kembali.
“Kita ingin tahu kelemahan-kelemahan apa yang sudah diperbarui, supaya nanti ke epannya itu tidak akan ada permasalahan lagi,” imbuhnya. [Fhr]