telusur.co.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) selalu berupaya menghadirkan berbagai inovasi dalam hal peningkatan pelayanan bagi pelanggan kereta api. Terbaru, KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan Luxury Lounge di Stasiun Surabaya Gubeng, yang diresmikan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT. KAI, Didiek Hartantyo. Sabtu, (30/12/2023) siang.
Didiek Hartantyo menjelaskan, Luxury Lounge di Stasiun Gubeng ini telah dimanfaatkan penumpang KA sejak awal posko Nataru 2023/24 pada 21 Desember 2023. Ruang eklusif ini dibuka 1 jam sebelum keberangkatan KA
Di dalamnya, pelanggan dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari ruang tunggu yang nyaman dan berpendingin udara, makanan dan minuman ringan secara cuma-cuma, musholla dan toilet di dalam, layanan TV berlangganan, hingga melayani kebutuhan informasi terkait layanan dan program KAI.
“Kehadiran ruang Luxury Lounge ini semakin melengkapi fasilitas pelayanan kepada pelanggan KA sehingga menciptakan sebuah pengalaman baru saat bepergian dengan kereta api,” sebut Didiek.
Sampai saat ini, KAI memiliki layanan serupa yang telah tersedia di 9 Stasiun, yaitu di Stasiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang Bank Jateng, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, dan Stasiun Malang. Tiga tersebut terakhir berada di wilayah Daop 8 Surabaya.
Masih dengan Didiek, Luxury Lounge dapat dinikmati secara gratis bagi pelanggan KA jarak jauh dengan kelas Luxury, Priority, Compartment, dan Panoramic.
“Beberapa KA jarak jauh yang pelanggannya akan dilayani di Luxury Lounge di Stasiun Surabaya Gubeng, yakni KA Wilis Panoramic, KA Argo Semeru Compartment Suite Class, KA Bima Compartment Suite Class, dan KA Turangga Panoramic,” ungkapnya.
Di Stasiun Surabaya Pasarturi, kata Didiek, untuk calon penumpang KA Sembrani Tambahan Priority, KA Sembrani Luxury, dan KA Argo Bromo Anggrek Luxury. Sedangkan di Stasiun Malang, KA Gajayana Luxury, KA Brawijaya Priority, dan KA Gajayana Tambahan Luxury.
“Dengan adanya fasilitas Luxury Lounge diharapkan dapat memberikan New Experience kepada pelanggan dan juga merupakan komitmen KAI dalam menghadirkan Service Excellent kepada pelanggan kereta api,” papar pria kelahiran Surakarta ini. (ari)