Survei Citra Network Nasional Sebut Pelaku Usaha Ingin Airlangga Jadi Presiden di 2024 - Telusur

Survei Citra Network Nasional Sebut Pelaku Usaha Ingin Airlangga Jadi Presiden di 2024

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

telusur.co.id - Citra Network Nasional (CNN) kembali menggelar survei dengan tema membaca Prefensi Pelaku Usaha Terhadap Bakal Capres dan Parpol. Survei dilakukan untuk mengukur arah suara pelaku usaha UMKM, dan pelaku usaha besar, di ajang Pemilu 2024 mendatang.

Metodelogi penelitian survei menggunakan metode Jajak Pendapat dan dilakukan tanggal 22 Februari 2023 - 7 Maret 2023. Metodologi penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling, dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2.05 persen .

Koordinator Survei Nasional CNN Muhammad Dandy mengatakan, 80,6 persen pelaku usaha ingin sosok Presiden yang memiliki pengalaman menangani perekonomian nasional. Kemudian, 19,4 persen menginginkan sosok yang merakyat dan populer.

Hasil survei juga menemukan saat pemilihan presiden dan wakil presiden mayoritas pelaku usaha atau 70,2 persen menjadikan pasangan capres dan cawapres sebagai faktor utama ketika memilih.

"Hanya 21,6 persen responden yang menjadikan partai politik pengusung sebagai faktor utama ketika memilih. Sedangkan sebanyak 8,2 persen tidak menjawab," ujar Dandy dalam keterangannya, Sabtu (11/3/23).

Hasil survei juga menemukan, jika pemilihan presiden digelar hari maka nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto paling banyak dipilih oleh pelaku usaha Indonesia. Airlangga Hartarto dipilih oleh sebanyak 25,4 persen pelaku usaha, karena kebijaknnya sangat terasa bagi dunia usaha.

Urutan kedua tokoh yang jadi pilihan pelaku usaha adalah Prabowo Subianto, dengan perolehan 17,2 persen. Hal ini disebabkan pelaku usaha menilai Prabowo Subianto memiliki visi perekonomian yang berpihak pada pelaku usaha kecil menengah

Kemudian disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dipilih oleh 8,3 persen pelaku usaha, karena dianggap populer di media massa dan media sosial (Medsos).Tetapi kebijakan Ganjar Pranowo sebagai kepala daerah tidak banyak berpengaruh besar pada pelaku usaha di Jawa Tengah.

"Anies Baswedan dipilih oleh sebanyak 7,1 persen pelaku usaha. Anies dianggap populer di media massa dan medsos saja tetapi selama menjadi Gubernur di Jakarta tidak ada kebijakannya yang berpengaruh pada pelaku usaha. Sementara Ridwan Kamil dipilih sebanyak 5,3 persen," jelasnya.

Lalu, Puan Maharani dipilih oleh 5,2 persen karena dianggap memiliki partai politik yang kuat untuk mendukung kebijakan kebijakan bagi pelaku usaha di DPR RI. 

Sementara tokoh yang berlatar belakang pelaku usaha seperti Erick Thohir  dipilih oleh 5,2 persen responden, lalu Sandiaga Uno dipilih oleh 4,6 persen pelaku usaha. "Keduanya dianggap jadi pelaku usaha muda yang sukses," imbuhnya.

Pengamat Politik dan juga dosen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogjakarta, Ludiro Madu mengatakan, hasil lembaga survei CNN, terkait dukungan suara pelaku UMKM terhadap pilpres 2024 menjadi daya tarik tersendiri. Survei tersebut membuktikan Airlangga Hartarto sosok yang diinginkan pelaku usaha menjadi presiden di 2024.

"Hasil survei CNN yang unggulkan Airlangga Hartarto sebagai presiden pilihan pelaku UMKM, bukti pelaku usaha ingin perubahan dalam perekonomian kedepannya yang saat ini sudah lebih baik," kata dia.

Selain itu, kata dia, nilai positif yang didapat Airlangga bukan hanya saja dari pelaku usaha UMKM, tetapi dari masyarakat, karena dia telah  membangkitkan perekonomian Indonesia.

"Kekuatan Airlangga dalam menguasai ekonomi sebagai modal Golkar untuk menjadikan Ketum Golkar itu presiden 2024," kata peneliti Institute for Democrazy (IDD)Yogyakarta ini. (Ts)


Tinggalkan Komentar