Alihkan Subsidi BBM ke BLT, FITRA: Pemerintahan Harus Perhatikan Akibatnya Bagi Rakyat - Telusur

Alihkan Subsidi BBM ke BLT, FITRA: Pemerintahan Harus Perhatikan Akibatnya Bagi Rakyat


telusur.co.id - Wakil Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Ervyn Young, mengkritisi rencana pemerintahan Prabowo yang mau mengubah subsidi BBM menjadi Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan mengalihkan subsidi BBM ke sektor lain. 

Ervyn mengingatkan pemerintah untuk berhati-hati dalam mengambil kebijakan menyangkut 'wong cilik'. 

"Jangan sampai kebijakan yang diambil justru melepaskan negara dari tanggungjawab untuk menjamin kesejahteraan rakyat dan mengurangi ketimpangan," kata Everyn dalam keterangannya, Sabtu (26/10/24).

Everyn yang juga Core Team Koalisi KUSUKA NELAYAN Indonesia, ini mengaku memahami bahwa salah satu masalah subsidi BBM ialah soal ketidaktepatan sasaran. Hal itu yang menyebabkan subsidi BBM belum dinikmati oleh mereka yang berhak. 

Namun, dalam situasi itu tidak berarti pemerintah langsung memutuskan untuk merubahnya jadi BLT, atau dialihkan ke sektor lain. Karena kebijakan subsidi itu sangat berbeda tujuannya dengan BLT. 

"Ini diskusi soal kebijakan. Mesti hati-hati dan jangan gegabah. Ini kan subsidi sebagai bentuk perlindungan negara terhadap faktor produksi rakyat kecil yang rentan mendapat hantaman ketika terjadi guncangan pasar," ucapnya. 

Dia menerangkan, subsidi dimaksudkan untuk mengurangi biaya produksi, sehingga rakyat lebih mudah berproduksi dan pendapatan menjadi lebih besar. Dengan kebijakan fiskal seperti itu, rakyat kecil menjadi lebih sejahtera. 

"Nah, kebijakan subsidi itu jauh berbeda dengan BLT yang ditujukan lebih kepada perlindungan sosial saat ada guncangan ekonomi. Jika kebijakan fiskal bentuknya subsidi, orang jadi lebih mudah bekerja dan berproduksi, tapi kalau BLT, dananya itu justru digunakan untuk menalangi biaya hidup harian, bahkan sering terjadi justru dibelanjakan untuk yang tidak perlu," urainya. 

Ervyn mencontohkan bahwa di sektor kelautan dan perikanan, pemerintah sepanjang 2016-2021 telah mengalokasikan kuota solar untuk nelayan pemilik kapal 30 GT ke bawah dengan jumlah rata-rata 1,96 juta kilo liter per tahun atau sekitar 12 persen dari total kuota BBM JT Solar yang disubsidi. 

Namun, selama bertahun-tahun, realisasi subsidi BBM yang sampai ke nelayan rerata hanya 26 persen. Sisanya, sebagian besar 74 persen, justru dialihkan oleh BPH Migas ke sektor lain, diduga diserap oleh sektor transportasi darat. 

"Pertanyaannya, kenapa subsidi BBM Solar tidak terserap di sektor perikanan? Jelas karena implementasi program tersebut buruk. Anggarannya sudah dialokasikan, tapi itu tidak sampai ke nelayan karena berbagai sebab. Hasil studi kami di 10 provinsi pada tahun 2021 menemukan bahwa 82,8 persen nelayan kecil tidak memiliki akses terhadap BBM bersubsidi. Karenanya, 83,19 persen nelayan kecil membeli BBM di eceran dengan harga yang tinggi. Jadi nelayan kita harus keluar modal lebih besar. Realisasi solar subsidi 2016-2021, paling besar diserap sektor transportasi darat (92 persen). Sektor transportasi laut menyerap sekitar 4-5 persen. Sementara usaha perikanan serapannya hanya 3-4 persen," jelasnya.  

Ervyn mengungkapkan bahwa menurut beberap studi, komponen BBM menyerap 60-70 persen biaya produksi nelayan kecil untuk melaut. Sisanya untuk logistik. Jadi jika mereka bisa mendapat BBM Solar dengan harga subsidi sesuai program pemerintah, pendapatan mereka bisa jauh lebih tinggi. 

Penyebab subsidi solar BBM tidak sampai ke nelayan, diantaranya karena pendataan nelayan oleh Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) sangat lambat. Selanjutnya, nelayan kecil mengalami diskriminasi karena dibebani dengan persyaratan administrasi yang rumit untuk memperoleh subsidi BBM, ditengah layanan administrasi perijinan yang masih buruk di daerah. 

Akibatnya, surat rekomendasi pembelian BBM sulit diperoleh nelayan. 

Padahal mereka yang punya kendaraan tidak ada syarat khusus saat membeli BBM. Yang paling buruk nasibnya adalah nelayan kecil dengan ukuran kapal di bawah 10 GT, karena harus bersaing dengan pemilik kapal yang lebih besar. Dari realisasi tiap tahun sebesar 26 persen, yang menggunakan BBM subsidi adalah pemilik kapal besar ukuran 10-30 GT.

"Lebih-lebih lagi untuk nelayan yang di wilayah Timur Indonesia. Umumnya mereka menggunakan pertalite tapi juga dengan kondisi serupa, sulit diakses karena umumnya jauh dari lokasi aktivitas nelayan. Dalam banyak kasus, yang tersedia justru cuma Pertamax dan nelayan kecil terpaksa membelinya. Saya kira Pak Menteri Bahlil mesti benar-benar memikirkan ini untuk membantu rakyat kita di Kawasan Wallacea sampai ke sekitar Papua, " ujar pria kelahiran Pulau Sumbawa, NTB, ini.

Faktor lainnya yang jadi determinan ialah masih sangat minimnya infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar khusus nelayan yang dapat diakses dengan mudah. Jumlah SPBUN yang tersedia hanya 380 atau cuma 3 persen dibanding jumlah desa pesisir yang mencapai. 11.984 desa. Situasi ini diperparah oleh kuota BBM subsidi yang terbatas, tidak sesuai dengan kebutuhan melaut nelayan pada setiap daerah.  

Menurut Ervyn, pihaknya tidak dalam posisi menerima atau menolak rencana pemerintah tersebut. Yang diharapkan adalah agar kebijakan yang diambil dihitung baik-baik. 

"Maksud saya begini Jika subsidi nelayan dialihkan ke BLT, apa nelayan kecil kita yang jumlahnya 95 persen dari total nelayan nasional itu berhenti melaut, tidak bukan? Itu berarti BBM harus tetap disediakan. Begitu pula SPBU/N untuk mendistribusikan BBM untuk nelayan kecil harus dibangun lebih cepat lagi agar nelayan kita mudah mengakses BBM. Tujuannya agar mereka bisa lebih besar produksinya dan itu membantu perekonomian negara tumbuh inklusif. Jadi pemerintah harus lebih progesif, kerja lebih cepat kalau memang berpihak kepada rakyat. Tapi isu yang paling penting disini, bukankah jika tak ada subsidi BBM mereka akan semakin terpuruk jika terjadi kenaikan harga BBM karena tidak ada subsidi sebagai shock breakernya. Jadi jangan sampai pemerintah dianggap lepas tanggungjawab. Di sisi lain, jika pemerintah mau beralih ke BLT pasti tetap butuh data yang baik agar tidak salah sasaran, jelas pendataan juga mesti dipercepat, memangnya mau main sulap saja. Jadi mau beralih jadi BLT atau tidak, semuanya mesti diperbaiki," ujarnya.

Karena itu, berangkat dari implementasi kebijakan subsidi BBM sektor kelautan perikanan tersebut, Ervyn yang dikenal sebagai aktivis antikorupsi ini, menegaskan, masalahnya bukan semata soal ketidaktepatan sasaran penerima subsidi BBM. Masalah utama terkait subsidi BBM di sektor tersebut katanya, disebabkan belum adanya kerangka industrialisasi perikanan yang berpihak kepada wong cilik, yang memampukan nelayan kecil tradisional berdaya. 

Secara gamblang, itu bisa disebut sebagai negara masih absen untuk membantu rakyat kecil. Ia menghimbau pemerintah untuk berpikir lebih mendalam mengenai rencana mengalihkan subsidi BBM tersebut menjadi BLT. 

"Jadi kebijakan ini jangan hanya dilihat dari sisi soal masih besarnya penyimpangan semata, melainkan lebih tepat diarahkan kepada perlunya ekosistem bisnis yang lebih sehat untuk nelayan kecil kita. Mungkin isu yang lebih tepat justru bagaimana agar Pak Presiden mendorong adanya hilirasi perikanan yang memampukan nelayan kecil sehingga laut bisa jadi jalan kesejahteraan untuk nelayan tradisional kita yang kondisi hidupnya masih terpuruk. Berharap bisa dilihat secara integral, lebih menyeluruh, yang dibimbing oleh keberpihakan kepada rakyat kecil. Saya kira itu baru bener namanya nasionalis sejati," pungkasnya.[Fhr] 


Tinggalkan Komentar